Pilkada Balikpapan, Golkar Kaltim Dukung Seribu Persen Rahmad-Thohari

Targetkan raih 80 persen suara

Balikpapan, IDN Times - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Kaltim memastikan diri mengusung Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Balikpapan Thohari Azis, mendampingi Rahmad Mas'ud dalam Pilkada Balikpapan 2020.

Rudi Mas’ud, Ketua DPD I Partai Golkar Kaltim mengatakan, “Seribu persen, kami pastikan Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kota Balikpapan Thohari Azis sebagai (bakal calon) Wakil Wali Kota Balikpapan merupakan pendamping final bakal calon Wali Kota Balikpapan Rahmad Masud ” ujarnya pada Musyawarah Daerah (Musda) Partai Golkar Balikpapan, Minggu (26/07/2020).

1. Sesuai rekomendasi yang dikeluarkan DPP Partai Golkar

Pilkada Balikpapan, Golkar Kaltim Dukung Seribu Persen Rahmad-ThohariIDN Times / Hilmansyah

Kepastian Thohari Azis sebagai pendamping Rahmad Masud ini sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan DPP Partai Golkar. “Saya sendiri yang mengantarkan Pak Haji Rahmad Masud dan Pak Thoahri Azis untuk mengambil rekomendasi itu Ke DPP Partai Golkar,” ujar Rudy.

Rudy menambahkan, Thohari Azis memiliki kapasitas untuk bisa mendampingi Rahmad Mas’ud, juga memiliki elektabilitas yang cukup baik di Kota Balikpapan. “Sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Pak Thohari memiliki kapasitas untuk menjadi wakil wali kota,” jelasnya.

Sedangkan soal rekomendasi Partai Gerindra yang memasangkan Rahmad Mas’ud dengan kadernya Sabaruddin Panrecalle yang juga Wakil Ketua DPRD Balikpapan, anggota DPR RI ini enggan berkomentar.

“Kalau rekomendasi Gerinda bukan kapasitas saya menjawabnya," kata Rudy.

2. Targetkan raih 80 persen suara

Pilkada Balikpapan, Golkar Kaltim Dukung Seribu Persen Rahmad-ThohariIDN Times / Hilmansyah

Tidak main-main, DPD I Partai Golkar Kaltim menargetkan meraih 80 persen lebih dukungan masyarakat bagi Rahmad Masud dan pasangannya dalam Pilkada Balikpapan 9 Desember 2020.

“Meski DPP hanya menargetkan kemenangan 60 persen minimum, namun kami yakin Rahmad Masud dan pasangannya akan mampu meraih kemenangan 80 persen suara di Balikpapan,” ujar Rudi.

Selain itu, Rudi menjelaskan DPP Partai Golkar telah mengeluarkan lima rekomendasi dukungan pasangan untuk Pilkada Serentak yakni Kota Balikpapan, Kota Bontang, Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Kutai Timur, dan Kota Berau. Sementara, rekomendasi dukungan Partai Golkar untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Paser,  Kabupaten Kutai Barat, dan Kota Samarinda segera menyusul.

Pandemik virus corona juga membuat partai melakukan pendekatan yang berbeda untuk mengumpulkan dukungan. Aktivitas kampanye terbuka atau kegiatan lainnya dengan massa yang besar tidak dapat dilakukan.

“Strateginya kami akan melakukan kampanye door to door, karena kita tidak bisa mengumpulkan massa, dimasa pandemi ini,” ujarnya.

3. Rahmad Masud masih menunggu hasil rapat keluarga

Pilkada Balikpapan, Golkar Kaltim Dukung Seribu Persen Rahmad-ThohariIDN Times / Hilmansyah

Sementara itu, menanggapi komentar Rudy yang memastikan Balon Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud akan berpasangan dengan Thohari Azis, Rahmad Masud mengatakan politik itu masih dinamis.

“Itu pernyataan Pak Rudy, bukan saya dan wajar saja karena Pak Rudy menyatakan pernyataannya sesuai kapasitasnya sebagai Ketua Ketua DPD I Partai Golkar Kaltim. Saat ini kondisi politiknya masih dinamis. Namun, untuk saya masih harus menunggu hasil rapat keluarga dulu, siapa nantinya yang akan saya gandeng untuk menjadi balon wakil wali kota Balikpapan,” tegas Rahmad Masud.

Rahmad melanjutkan, kepastian siapa yang akan berpasangan dengannya sebagai balon wakil wali kota akan diketahui saat Rahmad dan pasangannya tersebut mendaftarkan diri ke KPU Kota Balikpapan.

Baca Juga: PKS Resmi Dukung Rahmad Masud Maju sebagai Calon Wali Kota Balikpapan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya