Pilkada Balikpapan Rahmad-Thohari Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSKD

Pemeriksaan dilakukan oleh tim dokter independen

Balikpapan, IDN Times - Guna memenuhi persyaratan pada Pilkada Serentak 2020, maka Bakal Pasangan Calon Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan Wakil Wali Kota Thohari Aziz atau pasangan RT menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo, Balikpapan.

“Kami datang di Gedung Anggrek, RSKD ini untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai ketentuan KPU,” ujar Rahmad Mas’ud, di sela-sela pemeriksaan kesehatan pada Senin (14/9/20).

1. Pasangan Rahmad-Thohari datang dengan tim kecil

Pilkada Balikpapan Rahmad-Thohari Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSKDPasangan Rahmad Mas'ud - Thohari Azis jalani pemeriksaan kesehatan (IDN Times/Hilmansyah)

Kedatangan pasangan ini hanya diikuti beberapa orang saja untuk menghindari terjadinya kerumunan saat pemeriksaan kesehatan. “Kami datang dengan hanya tim kecil saja, upaya ini kami lakukan untuk menghindari kerumunan dan menerapkan prosedur protokol kesehatan," kata Rahmad.

Pasangan ini dijumpai oleh Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha dan 4 komisioner KPU Balikpapan lainnya, serta komisioner Bawaslu Ahmadi Azi. Juga dr. Achmad Zuhro Ma’uf sebagai tim Dokter dan Direktur RSKD Edy Iskandar.

Baca Juga: Rahmad-Thohari Resmi Daftar Pilkada, Antar Berkas ke KPU Balikpapan 

2. Pemeriksaan selama 2 hari

Pilkada Balikpapan Rahmad-Thohari Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSKDNoor Thoha, Ketua KPU Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

KPU Balikpapan secara resmi telah menutup masa pendaftaran pada Pilkada Serentak 2020 yang sempat diperpanjang. Namun hingga berakhirnya masa pendaftaran hanya terdapat satu bakal paslon saja. 

Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha menjelaskan ada tiga elemen pemeriksaan yaitu kesehatan jasmani, rohani, serta bebas narkoba. Sebelumnya bakal paslon telah menyerahkan hasil pemeriksaan COVID-19 kepada KPU Balikpapan.

“Pemeriksaan akan dilakukan tim dokter independen dan akan dilakukan selama dua hari,” ujar Ketua KPU Noor Thoha, saat usai menyerahkan bakal paslon yang akan menjalani pemeriksaan kesehatan ke Tim Dokter RSKD Balikpapan.

Apabila pemeriksaan telah lengkap dan memenuhi syarat maka pada 23 September 2020 mendatang pasangan ini bakal ditetapkan sebagai pasangan calon tunggal.

3. Pemeriksaan kesehatan dilakukan secara profesional

Pilkada Balikpapan Rahmad-Thohari Jalani Pemeriksaan Kesehatan di RSKDRSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan (IDN Times/Hilmansyah)

Ketua Pelaksana Pemeriksaan Bakal Paslon dr Achmad Ma’ruf Zuhro mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini merupakan rangkaian yang harus dijalani bakal paslon karena itu RKSD akan melakukan pemeriksaan secara profesional.

“Hari ini khusus pemeriksaan kesehatan fisik, medik, hari kedua pemeriksaan psikologis. Dalam pemeriksaan ini kami melibatkan HIMSI (Himpunan Psikologi Indonesia) provinsi (Kaltim), ” ujar Ma’ruf Zuhro.

Tim pemeriksaan dipimpin dr Ariesanty Irawatie dan masing-masing bakal paslon didampingi perawat dan petugas untuk memandu selama pemeriksaan. 

Baca Juga: KPU Balikpapan: Gagal Tes Kesehatan Bisa Gugurkan Bakal Paslon Pilkada

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya