Polda Kaltim Bagikan Sembako untuk Nelayan di Laut dan Pesisir PPU

Belum temukan penyelewenangan dana penanggulangan COVID-19

Balikpapan, IDN Times - Pembagian sembako tak hanya dilakukan di darat saja, tetapi juga di laut. Hal ini dilakukan oleh Direktorat Kepolisian Air dan Udara Polda Kaltim bersama Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan yang membagikan sembako bagi para nelayan yang tengah mencari ikan di laut serta masyarakat pesisir Desa Pantai Lango, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim.

“Kami sengaja membagikan sembako ini langsung di tengah laut kepada para nelayan yang tengah mencari ikan dan warga pesisir Desa Pantai Lango, Kabupaten Penajam Paser Utara agar kebutuhan pokok bisa dirasakan langsung mereka yang terdampak pandemik COVID-19,” ujar Kapolda Kaltim Irjen Polisi Muktiono usai membagikan ratusan sembako kepada warga, Kamis (18/6).

1. Sebanyak 500 paket sembako dibagikan di laut dan di darat

Polda Kaltim Bagikan Sembako untuk Nelayan di Laut dan Pesisir PPUPembagian sembako kepada para nelayan di kawasan Penajam Paser Utara (IDN Times / Hilmansyah)

"Warga yang terdampak, kan tidak hanya yang di darat saja. Seperti yang kita lihat sendiri kondisinya di pesisir ini, saya kira perlu kita berikan stimulus berupa bantuan sosial," ujar Muktiono.

Penyerahan bantuan yang dikuti sejumlah Pejabat Utama Polda Kaltim dan Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Andri Kristianto. Penyerahan sembako juga dilakukan untuk menyambut HUT Bhayangkara ke-74.

"Ada 500 paket kita bagikan ini hari, yang 200 paket di laut dan 300 lagi untuk masyarakat yang di darat," ucap Muktiono.

Ia menjelaskan, selain membagikan sembako Polda Kaltim juga melakukan berbagai kegiatan lain, seperti program ketahanan pangan, dan pelatihan kepada masyarakat untuk bertahan dan mandiri selama masa pandemik virus corona.

Baca Juga: Pembangunan Jembatan Pulau Balang Terkendala Lahan Wilayah Balikpapan

2. Bantuan disambut gembira warga terdampak virus corona

Polda Kaltim Bagikan Sembako untuk Nelayan di Laut dan Pesisir PPUnelayan menerima bantuan sembako (IDN Times / Hilmansyah)

Ratusan paket sembako bantuan bakti sosial TNI-POLRI ini disambut gembira warga terdampak virus corona yang merasakan sulitnya mencari pendapatan selama masa pandemik.

Salah seorang nelayan, Tohir, sangat senang dengan bantuan yang diberikan TNI-POLRI ini, bantuan sembako ini sangat diperlukan di tengah pendapatan yang tidak menentu sebagai nelayan pencari ikan.

“Tangkapan ikan selama ini terus menurun, nah ditambah lagi dengan kondisi corona ini dimana penjualan hasil tangkapan juga tidak sesuai harapan. Adanya bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami masyarakat nelayan,” ujar Tohir sambil membawa paket sembako yang diterimanya.

3. Polda Kaltim belum temukan penyelewenangan dana Covid-19

Polda Kaltim Bagikan Sembako untuk Nelayan di Laut dan Pesisir PPUWarga pesisir pantai di Penajam Paser Utara menerima bantuan sembako (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Polisi Ade Yaya Suryana mengatakan selama masa pandemik virus corona, Polda Kaltim telah melakukan berbagai kegiatan kemanusiaan. Selain itu, hingga saat ini belum menemukan penyelewengan dana percepatan penanggulangan pandemik COVID-19.

“Polda Kaltim sejauh ini sudah melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi Aman Nusa II, dimana salah satunya melaksanakan kegiatan kemanusiaan seperti bantuan sosial dan bakti sosial serta kesehatan termasuk penertiban sosial," ujar Ade Yaya.

Ia menambahkan, "Sejauh ini tidak ada laporan ataupun temuan tentang penyelewengan dana percepatan penanggulangan pandemik COVID-19,” ujarnya.

Baca Juga: Pertama Kali di Balikpapan, Pasien Sembuh Kembali Positif COVID-19

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya