Polda Kaltim Telusuri Ancaman Penembakan terhadap Anies Baswedan

Ancaman penembakan saat live TikTok

Balikpapan, IDN Times - Kepolisian Daerah Kalimantan Timur (Kaltim) menelusuri ancaman penembakan terhadap calon presiden Anies Baswedan saat live TikTok. Ancaman yang disampaikan saat Anies menggelar kampanye di Samarinda pada Kamis 11 Januari 2024 lalu. 

Unit Siber Ditkrimsus Polda Kaltim pun melakukan profiling terhadap akun TikTok @rifanariansyah yang diduga berdomisili di wilayah Kaltim.

“Polda Kaltim dalam hal ini penyidik sudah melakukan serangkaian profiling pemilik akun tersebut,” ujar Kabid Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Yusuf Sutejo, Jumat (12/1/2024).

1. Akun pelaku sudah langsung dihapus

Polda Kaltim Telusuri Ancaman Penembakan terhadap Anies BaswedanCapres nomor urut satu, Anies Baswedan ketika berbicara di acara Kamar Dagang dan Industri. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Yusuf mengatakan, penyidik polisi sudah memantau akun TikTok yang diketahui sudah melakukan pengancaman. Meskipun akun bersangkutan sudah dihapus, namun polisi sudah mengambil langkah-langkah konkret guna menindaklanjuti permasalahan ini.

“Kita akan menindaklanjuti persangkaannya, di mana pasal apa pun yang nantinya disematkan kepada terduga pemilik akun yang melakukan pengancaman. Dan kami juga mastikan bahwa benar-benar ada korban dalam kasus ini,” jelasnya.

Baca Juga: Persiba Balikpapan Kalah Skor 1-0 dalam Babak Playoff Degradasi Liga 2

2. Polda Kaltim tunggu laporan korban

Polda Kaltim Telusuri Ancaman Penembakan terhadap Anies BaswedanKepala Bidang Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Yusuf Sutejo. (IDN Times/Hilmansyah)

Meskipun demikian, Yusuf menyatakan, Polda Kaltim belum melakukan langkah apa pun guna menangani persoalan ini. Mereka masih menunggu adanya pihak-pihak yang merasa keberatan dengan adanya postingan ancaman ini. 

Terutama dalam hal ini pihak korban yakni kelompok Anies Baswedan. “Profiling yang dilakukan itu langkah awal, namun demikian kami juga masih menunggu korban yang merasa terancam atau keberatan untuk melakukan pelaporan, kalau memang yang bersangkutan merasa terancam,” tegasnya.

Sementara ini belum ada pihak yang merasa keberatan dengan adanya ancaman penembakan sudah disampaikan dalam siaran live TikTok Anies Baswedan. 

3. Capres nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan diancam ditembak

Polda Kaltim Telusuri Ancaman Penembakan terhadap Anies Baswedanilustrasi TikTok (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, viral di media sosial ketika Anies Baswedan diancam akan ditembak saat berkampanye di Samarinda. Saat ini, ia pun menggelar siaran live di akun TikTok.

Dalam narasi yang beredar, pemilik akun Instagram @rifanariansyah diduga menyampaikan ancaman penembakan. “Izin bapak, nembak kepala anis hukumanya berapa lama ya?” tulis akun tersebut.

Saat ini akun tersebut tak dapat ditemukan, diduga dihapus pemiliknya. Ada pula unggahan yang memperlihatkan bahwa terduga pelaku tinggal di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Keberhasilan Pembangunan Balikpapan Tertinggi di Provinsi Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya