Comscore Tracker

Polisi Olah TKP di Lokasi Kebakaran Gunung Bugis Balikpapan Barat

Labfor Surabaya akan tiba dalam waktu dekat

Balikpapan, IDN Times - Polresta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) menerjunkan tim Inafis (automatic finger print identification system) ke lokasi kebakaran RT 38 dan RT 40 di Gunung Bugis Kelurahan Baru Ulu. Tim ini melakukan olah tempat kejadian perkara guna mengungkap penyebab terjadinya kebakaran. 

Tim Labfor Polda Jawa Timur (Jatim) pun akan turut menyelidiki penyebab kebakaran ini. 

“Hari ini kita turunkan Tim Inafis Polresta Balikpapan bekerja sama dengan Polsek Balikpapan Barat untuk mengumpulkan barang bukti permulaan penyebab terjadinya kebakaran,” kata Kapolsek Balikpapan Barat Komisaris Polisi Totok Eko Darminto, Jumat (18/6/2021).

1. Labfor Polda Jatim akan bantu penyelidikan

Polisi Olah TKP di Lokasi Kebakaran Gunung Bugis Balikpapan BaratBarang bukti arang dan abu yang diduga penyebab kebakaran di Gunung Bugis Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Proses olah tempat kejadian perkara (TKP) mulai dari rumah warga bernama Rasyid (32). Pemeriksaan selanjutnya masuk ke sejumlah rumah warga lain yang berada di sekitar. 

Sementara ini, lokasinya diduga menjadi titik awal api terlihat sebelum menyebar ke seluruh kawasan.

Tim Inafis Polresta Balikpapan nantinya juga memperoleh dukungan dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri. Polsek Balikpapan Barat sudah menyurati tim Puslabfor Mabes Polri membantu mengungkap kejadian kebakaran. 

"Kemarin saya sudah koordinasi dengan telefon kemudian hari ini kita menyurat ke tim Puslabfor Mabes Polri," ujarnya.

Sementara ini, Polsek Balikpapan Barat masih mengumpulkan temuan yang sekiranya bisa menjadi barang bukti untuk dikirimkan ke Puslabfor di Surabaya maupun Puslabfor di Jakarta. Dua Puslabfor ini rencananya juga akan mengirimkan tim untuk meninjau langsung ke lokasi kebakaran.

Baca Juga: Pertamina Bantu Korban Bencana Kebakaran di Gunung Bugis Balikpapan

2. Kantongi barang bukti penyebab kebakaran

Polisi Olah TKP di Lokasi Kebakaran Gunung Bugis Balikpapan BaratKorban kebakaran mencari barang berharga di sisa-sisa puing bangunan milik mereka di Gunung Bugis Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Terkait barang bukti yang ditemukan, Totok mengatakan, ada beberapa barang bukti yang sudah dikantongi kepolisian. Di antaranya arang dan abu sisa kebakaran dari rumah di mana asal api pertama kali terlihat. 

"Kalau tim Inafis ini sudah menemukan barang bukti yang kita amankan, ya, sudah. Jadi kita fokus untuk mencari sumber api dari sana," paparnya.

Polisi akan memastikan penyebab sebenarnya kebakaran menghanguskan belasan rumah di kawasan Gunung Bugis ini. Proses penyelidikan belum bisa diperkirakan kapan akan bisa diselesaikan. 

3. Sudah memintai keterangan 4-5 orang saksi

Polisi Olah TKP di Lokasi Kebakaran Gunung Bugis Balikpapan BaratKapolsek Balikpapan Barat Kompol Totok Eko Darminto,memberi arahan kepada tim Inafis. (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara ini, polisi sudah memeriksa sebanyak 4 hingga 5 saksi yang diduga mengetahui penyebab kebakaran perkampungan Gunung Bugis. Mereka yang diperiksa di antaranya adalah pemilik rumah dan warga sekitar yang turut menjadi korban peristiwa kebakaran. 

“Sudah ada sekitar 4 hingga 5 orang saksi yang telah kita periksa, terkait kebakaran tersebut,” ujar Toto. 

Ke depannya, Toto akan melayangkan panggilan terhadap saksi-saksi lain yang juga dianggap mengetahui peristiwa bencana ini. 

Baca Juga: Kebakaran Hebat Terjadi Lagi di Gunung Bugis Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya