Comscore Tracker

Sandiaga Uno Memperkenalkan Program KaTa Kreatif di Balikpapan

Program untuk mendorong kreatifitas masyarakat

Balikpapan, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memperkenalkan Program KaTa Kreatif dalam seminar di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Minggu (24/7/2022). 

Kemenparekraf meluncurkan program andalan yang diikuti 21 kabupaten/kota kreatif dari total 64 daerah yang turut serta. 

“KaTa Kreatif merupakan salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menggali, mengelola, dan menumbuhkan kreativitas dan potensi lokal kabupaten atau kota di Indonesia,” kata Sandiaga. 

Program mengembangkan potensi ekonomi kreatif di kabupaten/kota sejalan dengan prinsip kebijakan tepat sasaran, tepat waktu, tepat manfaat, serta memahami kebutuhan masyarakat.

1. Balikpapan untuk subsektor aplikasi dan game

Sandiaga Uno Memperkenalkan Program KaTa Kreatif di BalikpapanANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Sandiaga mengatakan, Balikpapan merupakan salah satu kota yang menjadi uji Petik Penilaian Mandiri Kab/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I). Di mana Balikpapan dianggap memiliki tingkat perekonomian terbesar di wilayah Kalimantan. 

Selain itu, Sandiaga pun memandang pesatnya pertumbuhan dunia digital di Balikpapan. Sehingga menempatkannya sebagai subsektor aplikasi dan pengembangan game sebagai salah satu unggulan kota.

“Ekosistem sub sektor game di Indonesia sendiri terus berkembang, di mana saat ini sedikitnya ada 50 juta gamers di Indonesia tahun ini,” paparnya.

Menurutnya, adanya kreator atau pembuatan game tentu saja akan mempengaruhi pada perekonomian negara Indonesia. Dalam kesempatan itu, Sandiaga menyempatkan main bareng dengan salah seorang pencipta aplikasi game di Balikpapan. 

Jenis permainan yang baru diluncurkan dalam waktu dekat nanti. 

Baca Juga: Dishub Balikpapan Atur Jam Antrean  Pengisian Solar Subsidi di SPBU 

2. Potensi industri kreatif di Balikpapan

Sandiaga Uno Memperkenalkan Program KaTa Kreatif di BalikpapanMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (dok. Diageo Indonesia)

Sandiaga Uno berharap, akan semakin banyak game-game produksi anak-anak bangsa bersaing dengan produksi luar. Sehingga pada gilirannya mendongkrak talenta baru yang berimbas positif pada pertumbuhan perekonomian tanah air. 

"Harapannya, kita ingin mencoba menciptakan 1,1 juta lapangan kerja dan 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024 di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya.

Di tengah pemulihan ekonomi bangsa saat ini, menurut Sandiaga, Kemenparekraf akan terus berusaha mendorong terbangunnya industri kreatif di Indonesia. Membantu masyarakat untuk tetap optimis di masa pandemik.

“Ini sesuai dengan arahan dari Komisi X DPR RI, di mana Kemenparekraf harus mampu hadir untuk memberi solusi yang tepat manfaat dan tepat waktu,” jelasnya.

3. Komitmen Balikpapan mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif

Sandiaga Uno Memperkenalkan Program KaTa Kreatif di BalikpapanMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memperkenalkan Program KaTa Kreatif dalam seminar di Balikpapan, Minggu (24/7/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam kegiatan ini, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud menyatakan, pihaknya akan memberikan dukungan terhadap pengembangan pelaku di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. 

“Kehadiran Menteri Kemenparekraf menjadi energi baru dan motivasi bagi Pemkot Balikpapan dalam upaya melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha muda setempat," paparnya. 

Pemkot Balikpapan berusaha memberikan pengetahuan dan bantuan pengembangan usaha saja terhadap para pelaku usaha muda. Selain itu, juga ilmu marketing bagi produk usaha para pelaku usaha muda ini.

Baca Juga: Menteri Perdagangan Pantau Distribusi Minyak Goreng di Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya