Sarana Bantuan Navigasi Pelayaran akan Dipasang di Teluk Balikpapan

Bantuan navigasi menuju Ibu Kota Negara Nusantara

Balikpapan, IDNTimes - Kementerian Perhubungan Distrik Navigasi Kelas I Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim) akan memasang 7 sarana bantuan navigasi pelayaran (SBNP) di perairan Teluk Balikpapan. Bantuan navigasi pelayaran menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Rencananya akan ada 7 SBNP yang akan kita pasang, namun saat ini yang sudah terpasang baru 4 SBNP,” kata Kepala Distrik Navigasi Kelas 1 Samarinda Wismantono, Selasa (22/2/2022).

1. Untuk mempermudah logistik ke IKN

Sarana Bantuan Navigasi Pelayaran akan Dipasang di Teluk BalikpapanKepala Distrik Navigasi Kelas 1 Samarinda Wismantono. (IDN Times/Hilmansyah)

Wisman menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu dari review pusat, terkait penetapan alur navigasi kapal-kapal di Teluk Balikpapan yang akan membawa material logistik untuk IKN.

“Sudah kami lakukan pemberian titik-titik sarana navigasi yang rencananya untuk suplai logistik untuk pembangunan di IKN,” jelasnya.

Ditambahkannya, pemasangan SBNP seharusnya dilakukan di lakukan di Bontang. Namun karena IKN mendesak maka dialihkan ke Teluk Balikpapan.

“Seharusnya awal tahun ini kami survei ke Bontang, tapi kita alihkan ke IKN karena lebih mendesak, kurang lebih bulan Maret-April mulai kita lakukan pemasangan tanda SBNP nya,” ungkapnya.

2. SBNP sebagai penanda kapal yang akan masuk IKN

Dikatakannya, dari 7 titik lokasi pemasangan SBNP ini sudah ada 4 terpasang, tinggal dilakukan penambahan di 3 titik. Lokasi pemasangannya di sepanjang alur utama, di mana sebagai penanda kapal-kapal masuk untuk menyuplai logistik ke IKN.

“Tanda SBNP kita anggarkan tahun ini ada 4, tapi kami upayakan penambahan 3 lagi ini di tahun ini,” akunya.

Diakui Wisma, dari muara Teluk Balikpapan sampai dengan IKN di daerah Sepaku idealnya ada sebanyak 11 titik SBNP, yakni dari Semayang, Kampung Baru, Pelabuhan Peti Kemas Kariangau, Penajam Paser Utara (PPU), Samboja, dan enam terminal khusus. 

Tapi dua yang utama yakni di Samboja dan Sepaku itu titik terdekat dengan IKN.

3. Panjang alur utama 12 mil

Jalur navigasi perairan Teluk Balikpapan memiliki panjang alur 12 mil dengan kedalaman perairan hingga 13 meter. Tapi ini yang berada di dekat area Pelabuhan Semayang. 

Sementara untuk kapal besar belum bisa masuk ke dalam Teluk Balikpapan lebih jauh, sehingga kalau ingin masuk ke IKN maka logistik dipindahkan ke kapal ponton.

Adapun titik yang ditentukan ada 7, kemudian akan dipasang tanda SBNP terutama daerah yang masuk ke Teluk Balikpapan akan dipasang.

Baca Juga: Tempat Ini Nantinya akan Jadi Bandara Internasional IKN Nusantara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya