Simpang Lima Muara Rapak di Balikpapan Kembali Memakan Korban

Truk molen hantam pagar proyek, sopir luka parah

Balikpapan, IDN Times - Musibah kecelakaan maut kembali terjadi di perempatan Mal Muara Rapak di Jalan Soekarno Hatta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (27/12/2022). 

Pantauan di lapangan diketahui, sebuah truk pengaduk semen atau truk molen hilang kendali hingga menghantam pembatas jalan pembangunan pelebaran jalan kawasan tersebut. Bagian depan kendaraan mengalami kerusakan parah. 

1. Proses evakuasi korban

Simpang Lima Muara Rapak di Balikpapan Kembali Memakan KorbanMusibah kecelakaan maut kembali terjadi di perempatan Mal Muara Rapak di Jalan Soekarno Hatta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (27/12/2022).  (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam musibah ini warga sekitar bersama dengan petugas Satlantas dan TNI berusaha membantu sopir yang diduga terluka parah karena terjepit dalam dasboard kendaraan yang ringsek. 

Butuh waktu cukup lama dalam proses evakuasi sopir truk tersebut sebelum akhirnya bisa dilarikan ke rumah sakit terdekat. 

Baca Juga: Jalan Layang di Mal Muara Rapak Didorong sejak Kecelakaan Maut

2. Kronologis bencana di simpang lima Muara Rapak

Simpang Lima Muara Rapak di Balikpapan Kembali Memakan KorbanIlustrasi Kecelakaan Kendaraan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kecelakaan bermula saat truk molen menuruni Jalan Soekarno Hatta menuju kawasan traffic light simpang lima Mal Muara Rapak Balikpapan. Namun setibanya di lokasi tersebut, truk sepertinya mengalami kondisi rem blong sehingga sopir sulit mengendalikan kendaraan. 

Pihak sopir sepertinya langsung membanting setir kendaraan ke arah hingga menghantam dinding pembatas proyek pelebaran jalan. Pasalnya, di tempat tersebut biasanya terjadi antrean kendaraan arus traffic light di Muara Rapak. 

“Kalau lari ke arah kendaraan yang menunggu di lampu merah pasti lebih banyak korban,” ujar Ahmad, salah satu warga yang melihat kejadian. Saat ini petugas Polantas Polresta Balikpapan tengah mengamankan tempat kejadian untuk dilakukan penyidikan.

3. Tanjakan maut simpang lima Muara Rapak

Simpang Lima Muara Rapak di Balikpapan Kembali Memakan KorbanKecelakaan truk rem blong di perempatan Mal Muara Rapak Balikpapan. Foto screen shoot CCTV

Lokasi simpang lima Mal Muara Rapak memang sudah sering kali terjadi kecelakaan. Awal tahun lalu, sebuah truk hilang kendali melibas antrean kendaraan menunggu lampu traffic light di Muara Rapak. 

Terdapat beberapa korban tewas dan belasan lainnya mengalami luka-luka hingga cacat tubuh akibat kejadian kecelakaan maut ini. Kejadian kecelakaan ini sempat membuat geger masyarakat di seluruh Indonesia saat video CCTV kejadian tersebut viral di media sosial. 

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan Maut di Tanjakan Mal Rapak Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya