Tahanan di Polresta Balikpapan Kabur, 4 Penjaga Diperiksa Propam

Tiga tahanan sudah ditangkap kembali

Balikpapan, IDN Times - Sebanyak 11 tahanan di Mapolresta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) dilaporkan kabur, Sabtu (31/12/2022). 5 tahanan Balikpapan di antaranya sudah berhasil diamankan sedangkan sisanya masih dalam pencarian. 

Mereka yang kabur merupakan tahanan kasus Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Balikpapan

Akibatnya, empat personel penjaga tahanan harus berurusan dengan Satuan Propam Polresta Balikpapan. 

1. Empat penjaga tahanan diperiksa Propam

Tahanan di Polresta Balikpapan Kabur, 4 Penjaga Diperiksa PropamSebanyak 11 tahanan di Mapolresta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) dilaporkan kabur, Sabtu (31/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Kepala Polresta Balikpapan Komisaris Besar Polisi Thirdy Hadmiarso mengatakan, sebanyak 4 orang petugas jaga yang pada saat kejadian melakukan penjagaan saat ini tengah dilakukan pemeriksaan.

"4 orang anggota jaga saat ini sedang kami periksa dalam kasus ini,” ucapnya.

Mereka dianggap bertanggung jawab sehingga para tahanan bisa kabur memanfaatkan kelengahan penjaga. Apalagi diketahui, para tahanan merusak terali besi sel mempergunakan gergaji besi yang belakangan diketahui milik istri salah seorang tahanan. 

"Kami akan cek kembali apakah ada unsur pidana lain atau pun turut serta melakukan membantu para tahanan melarikan diri," jelasnya.

Baca Juga: Polisi Amankan 2 Tahanan Kabur, Istri Salah Satu Pelaku Ikut Ditangkap

2. Polresta Balikpapan menerjunkan tim mencari tahanan yang kabur

Tahanan di Polresta Balikpapan Kabur, 4 Penjaga Diperiksa PropamSebanyak 11 tahanan di Mapolresta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) dilaporkan kabur, Sabtu (31/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Personel Polresta Balikpapan dan Polda Kaltim sudah menurunkan personelnya guna mencari keberadaan para tahanan berhasil kabur. Termasuk juga melakukan penebalan pengamanan di sejumlah lokasi tahanan setempat seperti penjagaan Polres, Polsek, dan pos keamanan Balikpapan. 

“Tak hanya itu kita juga melakukan penebalan di semua pos penjagaan, Polres, Polsek maupun pos keamanan pelayanan yang ada di Kota Balikpapan. Jadi semua akses menuju keluar Balikpapan kita sudah lakukan penjagaan pengetatan," papar Thirdy.

Terbaru ini, polisi berhasil meringkus lima tahanan dari 11 tahanan yang berhasil kabur. Dua orang tahanan malah ditangkap di lokasi persembunyian di Kutai Timur. Salah satu istri tahanan pun terpaksa ikut diamankan karena dianggap membantu pelarian para tahanan dengan menyediakan gergaji besi. 

3. Tahanan diminta segera menyerahkan diri

Tahanan di Polresta Balikpapan Kabur, 4 Penjaga Diperiksa PropamKepala Polresta Balikpapan Komisaris Besar Polisi Thirdy Hadmiarso, Sabtu (31/12/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Thirdy mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran dan terhadap 8 orang tahanan yang lain. Harapannya, para tahanan tersebut bisa tertangkap.

"Kepada keluarga yang bersangkutan agar menyampaikan kepada kami. Kami juga berharap yang bersangkutan segera menyerahkan diri," ungkapnya.

Polresta Balikpapan dan Jatarans Polda Kaltim telah membentuk beberapa tim untuk memburu delapan tahanan lainnya yang belum tertangkap.

Baca Juga: 11 Tahanan Polresta Balikpapan Kabur 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya