Tarian Borongsai Meriahkan Imlek di Kelenteng Guang De Miao 

Perayaan Imlek tetap memperhatikan protokol kesehatan

Balikpapan, IDN Times - Perayaan tahun baru Cina 2022 atau Imlek 2573 di Kelenteng Guang De Miao di Jalan Bukit Niaga No 28 Pasar Baru Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) berlangsung meriah. Diwarnai dengan atraksi tarian barongsai yang tidak hanya disaksikan warga Tionghoa tetapi juga warga sekitar. 

“Jadi kita sembahyang seperti ini saja, kalau berjemaah enggak. Jadi datang, sembahyang, pulang," ujar Ketua Klenteng Guang De Miao Hindro Ariewijaya, Selasa (1/2/2022).

1. Tarian barongsai dipercaya mengusir roh jahat

Tarian Borongsai Meriahkan Imlek di Kelenteng Guang De Miao Perayaan tahun baru Cina atau Imlek di Kelenteng Balikpapan Kalimantan Timur, Selasa (1/2/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Perayaan Imlek 2573 di Kelenteng Guang De Miao Balikpapan ini menampilkan atraksi tarian tiga barongsai. Hiburan ini selalu ditunggu masyarakat Balikpapan khususnya anak-anak warga tinggal di sekitar lokasi kelenteng. 

Barongsai sendiri sangat identik dengan Imlek karena menurut kepercayaan leluhur Cina, awal tahun baru adalah masanya para dewa dewi kembali ke kahyangan untuk melapor ke Kaisar Langit.

“Masa-masa tersebut dipercaya akan dimanfaatkan oleh roh-roh jahat untuk membuat kerusakan di dunia. Oleh sebab itu, orang Cina kuno mengadakan tarian barongsai yang telah diberkati di kelenteng untuk mengusir setan,” ujar Hindro.

Nama barongsai sebenarnya merupakan cerminan akulturasi Cina di Indonesia. Kata 'barong' berasal dari kesenian boneka Bali yang dimainkan oleh manusia. Sedangkan 'sai' dalam bahasa Hokkian berarti singa.

Sedangkan nama asli kesenian ini di Cina sendiri disebut dengan "wu shi".

Barongsai  pertama konon mulai ada pada masa Dinasti Chin, sekitar abad ke tiga sebelum Masehi.

Baca Juga: Pakai Sarung, Jokowi Hadiri Pengukuhan Pengurus Besar NU di Balikpapan

2. Perayaan Imlek dengan tetap menerapkan prokes

Tarian Borongsai Meriahkan Imlek di Kelenteng Guang De Miao Perayaan tahun baru Cina atau Imlek di Kelenteng Balikpapan Kalimantan Timur, Selasa (1/2/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Hindro mengatakan, warga Tionghoa di Balikpapan tetap merayakan pergantian tahun baru Cina ini. Sebagian di antara mereka pun bersembahyang ke kelenteng tertua di Balikpapan ini. 

Meskipun demikian, Hindro sulit memperkirakan total jemaah yang bersembahyang ke kelenteng ini. Warga Tionghoa memilih langsung pulang setelah menjalankan ibadah. 

Selama prosesi ibadah itu, mereka pun tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemik COVID-19 dengan ketat. 

"Makanya kita lihat, begitu sudah agak penuh, kita stop. Standby dulu sini, nanti kalau sudah pada pulang, gantian masuk," jelasnya.

3. Shio Macan Air diramalkan kehidupan masyarakat akan lebih baik

Tarian Borongsai Meriahkan Imlek di Kelenteng Guang De Miao Perayaan tahun baru Cina atau Imlek di Kelenteng Balikpapan Kalimantan Timur, Selasa (1/2/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Sedangkan berdasarkan ramalan yang dilakukan, untuk Imlek 2573 dengan Shio Macan Air, kehidupan masyarakat baik. Di mana peruntungan baik dan banyak rezeki, tetapi juga diminta untuk berbuat baik pada sesama agar menjadi kekal. 

Kemudian untuk bisnis masuk dalam kategori sedang di mana harus hati-hati, sembarang waktu bisa datang menimpa. Apabila sudah lewat buntut tahun, baru keadaan akan lebih baik, kalau saja bergerak sembarang akan niscaya akan percuma saja.

Terakhir untuk pekerjaan baik juga, di mana peruntungan baik dan banyak rezeki. 

Sementara itu, salah seorang warga Tionghoa Balikpapan Herman mengaku optimis memasuki Shio Macan Air ini. Pasca Kaltim menjadi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan Kota Balikpapan menjadi daerah penyangga. 

Tahun Shio Macan Air diramalkan kondusifitas Balikpapan akan terjaga yang berpengaruh positif pada perekonomian. 

“Kita berharap kehidupan masyarakat dan perekonomian semakin membaik, serta tercipta kedamaian,” harapnya.

Baca Juga: Jokowi Temui Langsung para Pedagang di Pasar Klandasan Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya