Tenant Makanan di Bandara Sepinggan Balikpapan Terbakar

Kebakaran lokasi makanan berhasil ditangani  

Balikpapan, IDN Times - Sebuah kebakaran terjadi di salah satu tenant makanan yang berlokasi di area keberangkatan Bandara Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Insiden ini menimbulkan kepanikan di antara para pemudik yang sedang berada di area keberangkatan pada Minggu lalu.

1. Video kebakaran direkam salah seorang pemudik di Balikpapan

Tenant Makanan di Bandara Sepinggan Balikpapan TerbakarMaskapai Citilink Indonesia (dok. Angkasa Pura II)

Video kejadian tersebut direkam oleh salah seorang pemudik yang secara kebetulan berada di bandara tersebut. "Ada kebakaran di bandara, di Bakso Gansel," ujarnya sambil merekam peristiwa tersebut dengan ponselnya.

Dalam video berdurasi 31 detik tersebut, terlihat petugas keamanan bandara berusaha memadamkan api menggunakan alat pemadam api ringan (APAR). Meskipun demikian, api masih tetap menyala, hingga akhirnya petugas lain datang dengan membawa APAR tambahan dan berhasil memadamkannya.

Baca Juga: Penumpang Penyeberangan Feri Rute PPU-Balikpapan Turun selama Lebaran

2. Kebakaran di tenant Bandara Sepinggan

Tenant Makanan di Bandara Sepinggan Balikpapan TerbakarKebakaran di salah satu tenant Bandara Sepinggan Balikpapan Kalimantan Timur, Minggu (14/4/2024). Foto istimewa

Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 05.42 Wita waktu setempat. General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan Ahmad Syaugi Syahab, dalam keterangan persnya menyatakan bahwa dugaan penyebab kebakaran adalah adanya arus pendek pada stopkontak extension yang menghubungkan lemari pendingin dengan sumber listrik.

Syahab menambahkan bahwa berkat kesiapan petugas keamanan, api berhasil dipadamkan hanya dalam waktu 3 menit setelah kebakaran terjadi, tepatnya pukul 05.45 waktu setempat.

3. Petugas bandara sigap mengantisipasi persoalan

Tenant Makanan di Bandara Sepinggan Balikpapan TerbakarGeneral Manager PT Angkasa Pura I Bandara Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Syahab April 2024. (IDN Times/Sri.Wibisono)

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada petugas dan karyawan tenant yang sigap dalam penanganan kebakaran.

Untuk memastikan keamanan, setiap tenant di bandara telah dilengkapi dengan APAR, dan APAR juga tersedia di beberapa titik strategis di bandara untuk digunakan dalam situasi darurat.

Syahab juga menegaskan bahwa pihaknya secara rutin melakukan sosialisasi mengenai tindakan preventif dalam menghadapi kebakaran, termasuk penggunaan APAR.

Baca Juga: Kebijakan Samarinda soal Urbanisasi selama Arus Balik Lebaran 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya