Unik, Konsep Baru Balikpapan akan Didorong Lebih Instagramable 

Sesuai visi dan misi Wali Kota Balikpapan 2021-2026

Balikpapan, IDN Times - Pemkot Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) tengah menyiapkan konsep citra baru menjadikan kota yang nyaman dihuni. Menyesuaikan dengan slogan Balikpapan berkelanjutan, maju dan modern, sesuai visi dan misi wali kota dan RPJMD memperkuat citra Kota Balikpapan 2021-2026.

“Ada 15 ide atau gagasan untuk membuat Balikpapan lebih menarik dan instagramable, jalan yang berbeda misalnya kalau coastal road jadi bisa saja nama Klandasan, orang akan berfoto di mana ini Klandasan, oh di Balikpapan, nama yang beda, khas lokal,” ujar Kepala Badan Kerjasama Daerah, Administrasi Wilayah dan Pertanahan (KDAWP) Arfiansyah, Senin (16/08/2021).

1. Pengerjaannya secara multi years

Unik, Konsep Baru Balikpapan akan Didorong Lebih Instagramable Tugu Adi Pura di Jalan Ahmad Yani Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Alfian mengatakan, nantinya setiap jalan dibuat tiga lajur sehingga lebih besar dengan area parkir yang luas, dimana tujuannya orang bisa jalan tertib, orang tidak akan menyalip satu sama lainnya. Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ahmad Yani dan Jalan MT Haryono bisa dibuat tiga lajur.

Meskipun membutuhkan biaya yang cukup besar dan waktunya yang lama. Namun tetap bisa direalisasikan.

“Bisa saja ditarik jadi pekerjaan 2026 (multi years), misalnya tahun ini desainnya, tahun depan fisiknya jadi bisa terealisasi 2023,” ujarnya.

Kemudian simpang-simpang jalan juga dipercantik dengan membuat bundaran dengan hiasan air terjun atau pun dibangun tugu.

“Nah simpang itu dikasih pulau-pulau jalan jadi keren, saya punya keinginan satu di simpang Muara Rapak, sekarang ada lagi bundaran di Karang Anyar, tapi harusnya bundarannya air mancur biar jadi landmark nya Balikpapan,” ujarnya.

Harapannya bisa seperti di Bandung, setiap simpangan terlihat cantik. Namun masih harus dikaji. Seperti simpang Balikpapan Baru, Simpang BSCC Domes bisa dibuat bundaran dengan air mancur.

“Seperti di Bandung setiap simpangan itu ada bundaran. Hal-hal begitu yang harus kita tumbuhkan, hal-hal model baru. Anggarannya kalau buat air mancur kan besar,” ujarnya

Tidak harus bundaran, katanya, bisa juga tugu, contoh tugu simpang tiga Gunung Pasir bisa diganti seperti jam yang di Makkah itu, atau di jam Inggris. Begitu pun tempat penyeberangan atau zebra cross juga dipercantik sehingga menarik untuk menjadi tempat swa foto.

“Nanti Zebra cross nya dibikin lagi yang instagramable, kalau itu terjadi ya mungkin akan menimbulkan konflik ganggu lalu lintas, tapi wajar saja, nanti diatur lah ritme jalan tadi,” paparnya.

Dia mencontohkan, seperti di sejumlah negara zebra cross justru menjadi daya tarik wisatawan.

“Contoh di Jepang itu ada simpang empat Sibuya, itu kan orang menyeberang ratusan, pasti orang ingin foto,” ujarnya.

Baca Juga: BOR Balikpapan Turun tetapi Pasien COVID-19 Diminta Agar Isoter

2. Desain pintu gerbang Balikpapan akan ada sayembara

Unik, Konsep Baru Balikpapan akan Didorong Lebih Instagramable Kantor Kota Madya Balikpapan Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Lalu pintu gerbang masuk Kota Balikpapan pun juga akan dipercantik. Bahkan Wali Kota Balikpapan sudah menyatakan, setuju dengan membuat pintu gerbang dan rencananya akan dilombakan. 

“Pintu gerbang tadi pak wali betul setelah diskusi dia mau di simpang Kilometer 24 dan dan simpang Teritip silakan dibuat sayembara,” ujarnya

“Dan saya akan tambahkan lagi, perlu juga pintu gerbang di kawasan-kawasan tertentu, misalnya kawasan kota lama Kampung Baru, kita buat pintu gerang di sekitar Dahor SD Kristen,” paparnya.

“Di situ pasang Gapura pintu gerbang, selamat datang di kawasan kota lama Kampung Baru, itu luar biasa. Mediannya jalannya kita rapikan, lampunya,” ujarnya.

Kemudian juga mempercantik kawasan seperti di Singapura, gedung atau pertokoan dibuat warna-warni.

“Kita kalau ke Singapura orang banyak foto. Kemudian di toko-toko,” ujarnya.

Lalu juga membuat Balikpapan pada malam hari menjadi lebih gemerlap dengan lampu-lampu bertuliskan “Balikpapan Nyaman” di setiap bangunan pemerintah, swasta maupun pusat perbelanjaan.

“Itu kalau semua dipasang, gemerlap kalau malam dalam rangka mempromosikan Balikpapan nyaman,” ujarnya.

3. Sesuai visi dan misi Wali Kota Balikpapan 2021-2026

Unik, Konsep Baru Balikpapan akan Didorong Lebih Instagramable Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud. (IDN Times/Hilmansyah)

Arfian menyatakan, hal itu sesuai visi dan misi wali kota dan RPJMD memperkuat citra Kota Balikpapan 2021-2026 yang terdiri dari 15 ide atau gagasan. Gagasan tersebut didominasi empat organisasi perangkat daerah (OPD) yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) dan Dinas Perhubungan (Dishub).

“Karena masih berupa ide, tentu perlu detail lebih lanjut melalui desain yang mengakomodasi kondisi lokus, kearifan lokal, modern, instagrammable termasuk ketentuan peraturan yang berlaku,” ujarnya.

Merealisasikan konsep citra kota itu juga ada beberapa kendala yang dihadapi di antaranya keterbatasan anggaran akibat pandemik COVID-19. 

Baca Juga: Perayaan HUT RI ke 76, Lima Tahanan Rutan Balikpapan Langsung Bebas

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya