Waduh, Vaksinasi COVID-19 Malah Timbulkan Kerumunan di Balikpapan

Banyak peserta datang tidak sesuai jamnya

Balikpapan, IDN Times - Pemberian vaksin dosis pertama bagi 2.500 warga Kota Balikpapan malah menimbulkan kerumunan warga saat mengantre untuk divaksin di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Petugas terpaksa harus bekerja keras mengurai kerumunan yang terjadi.

“Mundur dulu .. mundur dulu, Pa .. bu, saya minta tolong ini mau gak, saya minta tolong, kita sudah dewasa, kalau sudah dikasih tau.. tolong berbanjar.. paham gak ini, malu kita ini.. kalau kelihatan wali kota begini kena kita, tolong tiga berbanjar ..ikutin yang di depannya,” ujar Babinsa Sepinggan Raya Kodim 0905 Balikpapan Serda Sarif Abdurrahman, saat mengatur kerumunan yang terjadi, Senin (9/8/2021).

1. Satgas sudah susun jadwal sesuai nomor urut

Waduh, Vaksinasi COVID-19 Malah Timbulkan Kerumunan di BalikpapanWarga menunggu antrean vaksinasi COVID-19 di Balikpapan Kaltim, Senin (9/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Sebenarnya, pemberian vaksin bagi warga sudah terdaftar sudah terjadwal waktunya hingga sore hari. Namun banyak warga yang tidak tertib aturan, datang lebih dahulu dari jadwal dan jam yang sudah ditentukan.

Nuraini (32) misalnya, ia mengaku datang lebih pagi dikarenakan takut tak kebagian memperoleh suntikan vaksin sudah disiapkan pemerintah. Padahal nomor antrean yang dimilikinya berada di angka tiga ribuan, apabila sesuai jadwal maka bisa datang pukul 11.30-12.30 Wita.

"Takut aja nggak dapat, sekaligus juga saya mau kerja, jadi siapa tau bisa suntik waktu pagi. Tapi ternyata ga bisa juga masuk," ujarnya.

Selain itu, juga ada warga yang nekat datang meski belum terdaftar dalam aplikasi vaksinasi Pemkot Balikpapan, dan tentu saja warga ini harus pulang dengan kecewa.

Baca Juga: Ikuti Makassar, Balikpapan pun Ingin Gunakan Kapal Isolasi Apung 

2. Banyak peserta datang tidak sesuai jamnya

Waduh, Vaksinasi COVID-19 Malah Timbulkan Kerumunan di BalikpapanVaksinasi COVID-19 di Balikpapan Kaltim, Senin (9/8/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty membenarkan sempat terjadi antrean pada pemberian vaksin dosis pertama bagi 2.500 warga Kota Balikpapan di Vaksinasi Center BSCC Dome Balikpapan.

Satgas sudah berusaha berusaha untuk mengatur pelaksanaan vaksinasi agar berjalan rapi dan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Sebenarnya kita sudah berusaha mengatur vaksinasi ini agar berjalan rapi dan sesuai prokes, peserta sudah kita imbau dan bagi agar datang sesuai jamnya, namun karena semangat banyak yang datang sebelum jamnya, sehingga terjadi penumpukan di depan gedung vaksinasi,” ujar Dio sapaan akrabnya.

3 Kerja sama Satpol PP, TNI-Polri

Waduh, Vaksinasi COVID-19 Malah Timbulkan Kerumunan di BalikpapanKepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty. (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam pengaturan ini, katanya, Satgas Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan sudah bekerja sama dengan Satpol PP dan TNI-Polri untuk mengatur antrean warga yang akan mendapatkan vaksinasi

“Terjadinya antrean dikarenakan antusias masyarakat terhadap vaksinasi COVID- 19 sangat tinggi,” tegasnya.

Sehingga terjadi penumpukan di luar gedung BSCC Dome Balikpapan. Untuk itu, pihaknya dibantu TNI-POLRI dan Satpol PP berusaha keras dalam mengurai penumpukan warga.

"Sehingga di dalam ruangan tetap sesuai nomor urut. Penumpukan hanya terjadi di luar gedung sebelum masuk ke dalam tempat vaksinasi," tutupnya.

Baca Juga: Ribuan Dosis Vaksin Tiba, Balikpapan Lanjutkan Proses Vaksinasi Warga

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya