Wali Kota Balikpapan Bagi 7 Ribu Bendera Merah Putih untuk HUT RI

Masyarakat diminta bersama-sama merayakan kemerdekaan 

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) membagikan 7 ribu bendera merah putih gratis kepada masyarakat, Rabu (14/8/2024). Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan Sekretaris Daerah Muhaimin menyerahkan langsung bendera merah putih tersebut kepada masyarakat di jalan depan Balaikota Balikpapan. 

“Kami ingin menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui gerakan ini. Ini juga merupakan bentuk penghargaan kami sebagai anak bangsa atas perjuangan para pahlawan kemerdekaan," papar Rahmad. 

1. Ajak warga kibarkan bendera di rumah

Wali Kota Balikpapan Bagi 7 Ribu Bendera Merah Putih untuk HUT RIWali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud, Rabu (14/8/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Dalam kesempatan tersebut, wali kota juga mengimbau kepada seluruh warga untuk memasang bendera merah putih di rumah masing-masing selama bulan kemerdekaan.

“Apakah sudah punya bendera? Kalau belum, ini saya kasih, tapi tolong dipasang ya,” kata Rahmad kepada salah satu pengguna jalan. 081347241333

Baca Juga: Tol IKN Tersambung Akhir Tahun, dari Balikpapan Cuma 40 Menit

2. Apresiasi atas jasa pahlawan

Wali Kota Balikpapan Bagi 7 Ribu Bendera Merah Putih untuk HUT RIPemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) membagikan 7 ribu bendera merah putih gratis kepada masyarakat, Rabu (14/8/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Rahmad menambahkan, pembagian bendera ini juga sebagai bentuk apresiasi atas jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. “Merah putih harus selalu hadir dalam lingkungan dan jiwa kita, karena NKRI adalah harga mati,” tegasnya.

3. Pembagian 7.000 bendera

Wali Kota Balikpapan Bagi 7 Ribu Bendera Merah Putih untuk HUT RIPemerintah Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) membagikan 7 ribu bendera merah putih gratis kepada masyarakat, Rabu (14/8/2024). (IDN Times/Hilmansyah)

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Balikpapan Sutadi menjelaskan, bahwa gerakan pembagian bendera merah putih ini rutin dilaksanakan setiap tahun mulai 1 Juli hingga 31 Agustus. Di Balikpapan, Pemkot telah mendistribusikan 7 ribu bendera kepada masyarakat, dengan tambahan bantuan dari pemerintah provinsi.

“Pembagian pertama sudah dilakukan pada 1 Juli lalu, dan pada Hari Pramuka juga telah dibagikan kepada masyarakat. Tujuannya agar rasa patriotisme dan cinta tanah air semakin meningkat,” pungkas Sutadi.

Baca Juga: Wisata Caribbean Island Water Park Balikpapan: Lokasi, Rute, dan Harga

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya