Bantu Tenaga Medis, BSMI Balikpapan Buka Posko Peduli Corona

Siapkan makanan sehat dan sembako

Balikpapan, IDN Times - Lembaga kemanusiaan, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Kota Balikpapan membuka posko peduli untuk menghimpun bantuan bagi tenaga medis dan masyarakat untuk mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

Koordinator Lapangan BSMI Kota Balikpapan, Burhanuddin mengatakan, “Kegiatan ini merupakan komitmen dari BSMI untuk membantu tenaga medis dan masyarakat yang terdampak akibat penyebaran virus corona, dan ini telah menjadi fokus kita,” katanya  via telepon selular, Senin (30/3).

1. Melibatkan 3 lembaga dakwah

Bantu Tenaga Medis, BSMI Balikpapan Buka Posko Peduli CoronaDok.BSMI

Pembukaan posko peduli corona ini dilakukan dengan melibatkan tiga lembaga yang ada di Kota Balikpapan yakni  Bulan Sabit Merah Indonesia, DKM Masjid Istiqomah dan BDI Pertamina. Pembukaan posko ini direncanakan akan dipusatkan di Masjid Istiqomah Balikpapan.

Ia menerangkan posko ini akan membantu memenuhi kebutuhan APD bagi tenaga medis dan sembako bagi masyarakat yang terkena dampak secara ekonomi akibat ancaman penyebaran virus corona. Serta menghimpun bantuan makanan sehat termasuk vitamin untuk meningkatkan stamina tenaga kesehatan yang bekerja menghadapi langsung pasien virus corona.

“Kami juga kumpulkan vitamin dan makanan sehat untuk tenaga medis, termasuk bantuan sembako bagi masyarakat, utamanya pekerja mandiri yang terkena dampak secara ekonomi kesulitan mencari nafkah,” terangnya.

Baca Juga: Pasien Positif COVID-19 Asal Banjarmasin Meninggal di Balikpapan

2. Mengumpulkan bantuan APD bagi tenaga medis

Bantu Tenaga Medis, BSMI Balikpapan Buka Posko Peduli CoronaIlustrasi masker N95 (IDN Times/Mela Hapsari)

Ia menjelaskan dalam beberapa hari ini, BSMI juga telah mulai mendistribusikan bantuan masker kepada sejumlah puskesmas, klinik dan rumah sakit. Total bantuan masker yang telah distribusikan mencapai 443 boks.

“Jumlah yang kami bagikan sebenarnya masih kurang dari kebutuhan yang diminta yakni sebanyak 1.643 boks. Kami masih berupaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” jelasnya.

Selain melakukan pembagian masker, BSMI juga melakukan penyemprotan disinfektan ke 9 musala dan masjid.

“Kita akan lakukan bertahap lagi ke sejumlah musala dan masjid yang ada di Kota Balikpapan,” ujarnya.

3. Membuka lowongan relawan peduli corona

Bantu Tenaga Medis, BSMI Balikpapan Buka Posko Peduli CoronaPuskesmas Muara Rapak, Balikpapan

Ia menambahkan BSMI juga membuka lowongan bagi masyarakat Kota Balikpapan yang berminat untuk menjadi relawan dalam membantu masyarakat yang terdampak virus corona.

“Saat ini relawan kita cuma ada 10 orang, kami membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin bergabung,” jelasnya.

Baca Juga: Waspada, Balikpapan Masuk Kategori Penularan Lokal Virus Corona

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya