Satu ABK di Balikpapan Terkonfirmasi Positif Virus Corona

RSUD Beriman tambah ruang isolasi pasien virus corona

Balikpapan, IDN Times - Daftar pasien yang terkonfirmasi positif virus corona atau COVID-19 di Balikpapan kembali bertambah. Kini jumlahnya menjadi 38 orang. Dan hingga saat ini, dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, Balikpapan tetap terbanyak mengisolasi positif virus corona. 

"Kami terima hasil swab hari ini, ada dua hasil yang dinyatakan positif," kata Wakil Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud yang juga wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Balikpapan dalam keterangan persnya di halaman Balai Kota Balikpapan, Jumat (8/5).

1. Minta warga Balikpapan menaati aturan pemerintah memutus rantai penyebaran virus corona

Satu ABK di Balikpapan Terkonfirmasi Positif Virus CoronaIlustrasi virus corona (unsplash.com)

Dengan penambahan tersebut, dia pun mengimbau warga Balikpapan agar tetap disiplin mematuhi anjuran pemerintah dalam mencegah penyebaran virus corona.

"Memang jumlah penambahannya tidak signifikan tapi kalau bertambah terus dua, ini jadi cukup mengkhawatirkan juga," katanya.

2. Sudah ada sembilan pasien sembuh dari Balikpapan

Satu ABK di Balikpapan Terkonfirmasi Positif Virus CoronaIlustrasi APD (IDN Times/Candra Irawan)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan, Andi Sri Juliarti menerangkan dua pasien positif yang bertambah berjenis kelamin pria. Pertama pria 46 tahun, anak buah kapal (ABK) kargo dan seorang lagi, pria 19 tahun, usia 19 tahun berasal dari klaster Magetan. Selain penambahan pasien positif, ada pula 4 pasien sembuh setelah 2 kali dinyatakan negatif. Dengan demikian total pasien sembuh di Balikpapan ada 9 orang. 

"Empat pasien yang sudah sembuh tersebut adalah ayah dan anak dari klaster Jepang kemudian dua lainnya punya riwayat punya riwayat perjalanan luar daerah," terangnya.

3. RSUD Beriman menambah empat ruang isolasi pasien virus corona

Satu ABK di Balikpapan Terkonfirmasi Positif Virus CoronaWali Kota Balikpapan Rizal Effendi ketika meresmikan tambahan ruang isolasi di RSUD Beriman Balikpapan (IDN Times/Haikal)

Sebagai upaya antisipasi terhadap ancaman penyebaran pandemik COVID-19, Pemkot Balikpapan menambah jumlah ruang isolasi untuk penanganan pasien positif di RSUD Beriman Balikpapan. Semula ruang isolasi di rumah sakit ini hanya satu kamar, kini bertambah menjadi 4 ruangan. Dengan kapasitas masing-masing dua tempat tidur. Bilik ini sudah memenuhi standar seperti ventilasi yang mampu menghasilkan tekanan negatif lebih rendah dari lingkungan sekitar, sehingga memungkinkan udara mengalir ke ruang isolasi tanpa perlu keluar ruangan.

“Alhamdulillah, kami bisa operasikan tambahan ruang isolasi, karena ini sangat penting dalam menangani pasien virus corona,” terang Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi ketika meresmikan tambahan ruang isolasi di RSUD Beriman Balikpapan pada Jumat pagi. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya