Tiga Pasar di Balikpapan Melayani Pembelian Online Lewat GoShop

#StopStopSer Kurangi kontak penjual dengan pembeli

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan bekerja sama dengan penyedia layanan kurir online Gojek untuk untuk mengajak masyarakat berbelanja secara online di pasar tradisional. Hal ini untuk mencegah penularan virus corona atau COVID-19. 

“Dalam layanan ini kita gandeng Gojek yang memiliki fitur GoShop, masyarakat dapat berbelanja kebutuhan tanpa harus ke pasar, “ kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi ketika meluncurkan program kerja sama dengan Gojek di Pasar Klandasan Balikpapan, Selasa (5/5).

1. Tiga pasar tradisional layani pemesanan daring

Tiga Pasar di Balikpapan Melayani Pembelian Online Lewat GoShopkerja sama Pemkot Balikpapan dengan Gojek, melalui GoShop untuk layanan belanja online di 3 pasar tradisional (IDN Times / Haikal)

Menurut Rizal, ada tiga pasar tradisional di Kota Balikpapan yang dimasukkan dalam program layanan belanja online ini, yakni Pasar Klandasan, Pasar Sepinggan dan Pasar Pandan Sari.

Peluncuran program ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam berbelanja ke pasar tradisional tanpa harus datang ke pasar, sehingga dapat mengurangi potensi penyebaran virus corona.

“Melalui layanan GoShop ini, masyarakat dapat pesan dari rumah, jadi tidak kontak langsung ke pasar,” jelasnya.

2. Informasi harga pokok dapat dilihat di aplikasi

Tiga Pasar di Balikpapan Melayani Pembelian Online Lewat GoShopIDN Times / Haikal

Ia menjelaskan dalam figur layanan GoShop yang disediakan oleh Gojek, juga akan terdapat informasi seputar harga bahan pokok di masing-masing pasar tradisional. Sehingga, masyarakat dapat dengan mudah mengetahui perkembangan harga bahan pokok yang ada di tiap pasar tersebut. Data ini berasal dari Dinas Perdagangan Kota Balikpapan, yang diperbarui setiap ada perubahan harga.

“Nanti ada informasi harga, data tersebut berasal dari Dinas Perdagangan, jadi masyarakat langsung bisa mengetahui berapa harga barang yang dibeli,” terangnya.

3. Pedagang diharapkan menjaga kepercayaan pembeli

Tiga Pasar di Balikpapan Melayani Pembelian Online Lewat GoShopYang perlu kamu perhatikan jika terpaksa keluar dari rumah. (IDN Times/Sukma Shakti)

Dalam sambutannya, Rizal juga meminta agar pedagang yang ada di pasar tradisional dapat mendukung program belanja online ini, dengan menjaga kepercayaan pelanggan yang berbelanja dengan menggunakan fitur layanan ini.

“Kami minta juga kepada pedagang dapat menjaga kepercayaan pembeli," katanya.

Seperti saat pelanggan membeli telur atau ikan agar diberikan kualitas yang baik, jangan yang rusak yang membuat pembeli kecewa dan kapok belanja di pasar tradisional melalui layanan online.

Ia juga menambahkan agar kepada setiap pembeli atau penjual yang beraktivitas di pasar tradisional terus mematuhi  protokol terhadap pencegahan penyebaran pandemi COVID-19, dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan cairan pencuci tangan (hands sanitizer) di pasar, menerapkan jaga jarak, serta melengkapi diri dengan masker dan alat perlindungan diri lainnya.

 

4. Layanan GoShop membantu mitigasi penyebaran pandemik COVID-19 melalui teknologi

Tiga Pasar di Balikpapan Melayani Pembelian Online Lewat GoShopGoShop pasar tradisional di Balikpapan (Dok.Gojek)

Sementara, District Head Gojek Balikpapan Aryo Agung Bernardi mengatakan  sangat mendukung kolaborasi yang dilakukan oleh Pemkot Balikpapan, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Balikpapan bersama dengan Gojek. Layanan GoShop membantu mitigasi penyebaran pandemik COVID-19 melalui teknologi. 

“Melalui aplikasi GoShop, masyarakat tinggal memilih di menu item yang akan dibeli di pasar tradisional, kemudian muncul harga estimasi dan tidak lama driver Gojek akan menghubungi untuk mengkonfirmasi item yang dibeli, estimasi berbelanja sekitar 20 menit menyesuaikan dengan pesanan,” jelasnya.

Baca Juga: Pedagang Kaki Lima, PDP COVID-19 di Balikpapan Meninggal Dunia 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya