H+4 Lebaran, Pengunjung Pantai Manggar Tembus 8 Ribu Orang

Pantai Manggar masih jadi favorit wisata saat libur lebaran

Balikpapan, IDN TIMES - H+4 Idulfitri 1440 Hijriah tahun 2019, Pantai Manggar Segara Sari dipenuhi para wisatawan. Dari data yang didapat di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pantai Manggar, pengunjung pantai ini  mengalami penurunan hingga 20 persen dibandingkan musim libur lebaran tahun lalu.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Manggar Segara Sari, Rusliansyah mengatakan, "Hujan setiap pagi, jadi banyak yang enggan ke pantai, biasanya dari pagi sudah penuh, sekarang ini (banyak pengunjung) dari siang saja sampai sore," jelasnya.

1. Pengunjung Pantai Manggar Segara Sari mencapai 8 ribu orang

H+4 Lebaran, Pengunjung Pantai Manggar Tembus 8 Ribu OrangIDN Times/M.Idris

Suasana Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan Timur, dipenuhi oleh para pengunjung yang menikmati hari libur terakhir lebaran tahun 2019. 

Rusliansyah mengatakan, Pantai Manggar Segara Sari sejak libur lebaran pada hari pertama (5/6) hingga H + 4 lebaran (9/6) pengunjung mencapai 8 ribu orang, dan Pendapatan Asli Daerah mencapai Rp200 juta.

"Bisa dibilang ada penurunan jumlah pengunjung pada tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya pada 2018, penurunan berkisar 20 persen," ungkap Rusliansyah.

Diakuinya, penurunan yang terjadi di Pantai Manggar Segara Sari ini diduga akibat cuaca yang tidak mendukung untuk wisata sejak Jumat hingga Minggu ini.

Selain itu, tambah Ruslianyah, kini di kota Balikpapan sudah banyak destinasi wisata yang berkembang, berbeda pada tahun tahun sebelumnya, hanya kawasan Pantai Manggar Segara Sari yang menjadi destinasi utama untuk berlibur.

Baca Juga: Liburan ke Pantai Anyer Tanpa Macet? Pakai Kereta Api 

2. Optimis Target PAD tahun 2019 tercapai

H+4 Lebaran, Pengunjung Pantai Manggar Tembus 8 Ribu OrangIDN Times/M.Idris

Meski ada penurunan jumlah pengunjung pada libur lebaran tahun 2019, Pihak UPT Pantai Manggar Segara Sari tetap optimis bisa mencapai target PAD sebesar Rp4,2 miliar pada tahun 2019 ini.

Hingga bulan Mei 2019, PAD dari Pantai Manggar Segara Sari sudah tercapai sebesar Rp1,2 Miliar.

"Harus Optimis bisa tercapai, ditambah dengan libur lebaran nantinya hingga dua minggu ke depan dan liburan sekolah," ujar Rusliansyah.

Ia menambahkan pada saat liburan anak sekolah nanti pasti bisa mendongkrak lagi pemasukan yang ada di Pantai Manggar Segara Sari ini. Mengingat saat ini baru libur lebaran belum libur anak sekolah.

3. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Manggar datang dari luar kota Balikpapan

H+4 Lebaran, Pengunjung Pantai Manggar Tembus 8 Ribu OrangIDN Times/M.Idris

Para pengunjung yang datang dan menikmati suasana Pantai Manggar Segara Sari ini adalah wisatawan asal Balikpapan, Samarinda, Tenggarong, Kutai Kartanegara. Mereka sengaja datang untuk melepas lelah selama lebaran.

Mereka sengaja datang ke Balikpapan ini lantaran di daerahnya tidak memiliki pantai. Sepeti keluarga Irfan, warga Samarinda ini setiap tahunnya selalu mengunjungi Pantai Manggar Segara Sari di Balikpapan Timur untuk berlibur lebaran, bahkan hal ini dijadikan agenda rutin tahunan bagi keluarganya.

"Setiap tahun mas, pasti ke Pantai Manggar bersama keluarga, selain suasana yang enak, pantai yang luas serta aman jadi anak-anak bisa bermain di pantai," terang Irfan.

Meski jarak tempuh dari Samarinda ke Pantai Manggar Segara Sari di Balikpapan ini cukup jauh dan memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan, tidak menyurutkan niat keluarganya untuk menuju pantai Manggar.

"Setahun sekali saja mas, tidak menginap, jadi berangkat pagi pulang sore, sambil menikmati perjalanan pulang," kata Irfan.

 

Baca Juga: Pengelola Kebun Bunga di Pesisir Pantai Selatan Bantul Panen Rezeki

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya