Hari Bhayangkara, Polres Balikpapan Gelar Lomba Burung Berkicau

30 ribu kupon Gerak Jalan Santai hampir ludes

Balikpapan, IDN Times - Para penggemar burung berkumpul di Mapolres Kota Balikpapan, Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan untuk mengikuti Lomba Burung Berkicau, Sabtu (22/6). 

Lomba Burung Berkicau ini diselenggarakan untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ke-73 yang jatuh pada 1 Juli 2019 mendatang.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta YAP, SIK membuka Lomba kicau burung mania didampingi Danlanal Balikpapan. Pada sambutannya Kapolres Balikpapan meminta kepada para penggemar burung kicau agar tidak terprovokasi dengan isu-isu yang beredar di media sosial yang dapat mengganggu stabilitas keamanan kota Balikpapan.

Kapolres Balikpapan bersama Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyo menggantang burung kicau sebagai tanda dimulainya lomba kicau burung.

"Kita deklarasi bersama para pecinta burung kicau yang ada, pasti menolak kerusuhan apapun bentuknya, karena kota Balikpapan yang sudah kondusif kita jaga bersama," ungkap Wiwin usai membuka lomba kicau mania.

Selain itu ia menambahkan, " Sama-sama kita jaga kota Balikpapan, sambil menunggu keputusan Mahkamah Konstitusi terkait sidang hasil Pemilu," tambahnya.

Beberapa burung berkicau yang ikut serta dalam lomba ini yaitu burung kacer, murai borneo, cucak hijau, love bird, konin, dan kenari. 

1. Warga berebut kupon Gerak Jalan Santai

Hari Bhayangkara, Polres Balikpapan Gelar Lomba Burung BerkicauIDN Times/M.Idris

Warga Balikpapan tidak hanya datang untuk menonton Lomba Burung Berkicau, namun juga silih berganti mendatangi Mako Polres Balikpapan untuk mendapatkan tiket Gerak Jalan Santai yang akan digelar di Lapangan Merdeka pada Minggu (23/6) pukul 06.00 pagi.

"Warga Balikpapan sangat antusias mendaftarkan diri ke Polres untuk gerak jalan sehat dan mendukung Deklarasi Menolak Kerusuhan," ucap Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta di Polres Balikpapan.

Baca Juga: 6 Sisi Baik Cold Brew Coffee bagi Kesehatan, Bikin Panjang Umur!

2. Gratis dan banyak hadiah, warga antusias ikut Gerak Jalan Santai

Hari Bhayangkara, Polres Balikpapan Gelar Lomba Burung BerkicauIDN Times/M.Idris

Warga antusias mengikuti acara Lomba Gerak Jalan Santai ini karena gratis dan banyak hadiah. Tersedia hadiah paket umroh untuk 4 orang, serta 10 sepeda motor, 29 unit sepeda, 10 kulkas, 8 buah mesin cuci, 15 laptop, dan 15 televisi 32"  untuk para peserta yang beruntung.

Seperti warga Gunung Samarinda  Darmawati, ia mendapatkan sejumlah tiket gerak jalan sehat, dengan menukarkan foto copy kartu keluarga. Saat ditanya IDN Times soal Deklarasi Tolak Kerusuhan, Darmawati sangat mendukung upaya kepolisian untuk terus menjaga ketertiban dan keamanan kota Balikpapan dan Kalimantan Timur.

"Ikut terus mas, ya mudah-mudahan dapat hadiah, serta Balikpapan tetap dalam keadaaan kondusif tidak ada kerusuhan," ungkapannya.

Sementara pihak Polres Balikpapan terus menyediakan tiket/ kupon hingga tiket yang disediakan sebanyak 30 ribu tiket di Polres Balikpapan habis.

3. Pengalihan arus lalu lintas saat acara berlangsung

Hari Bhayangkara, Polres Balikpapan Gelar Lomba Burung BerkicauIDN Times/ M. Idris

Dalam kegiatan itu, Lomba Gerak Jalan Santai yang dirangkaikan dengan Deklarasi "Kami Menolak Kerusuhan", pihak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Balikpapan telah melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Lapangan Merdeka.

"Rekayasa terbatas, dengan mengalihkan kendaraan dari arah Jalan Minyak dan dari arah Monpera. Konsepnya sama seperti Car Free Day," ujar Kasatlantas Polres Balikpapan, AKP Noordhianto.

Oleh sebab itu, masyarakat yang hendak melintasi jalur Lapangan Merdeka pada Minggu (23/6) pagi dapat mengambil jalur alternatif, sehingga tidak terjadi kepadatan di kawasan Lapangan Merdeka.

"Untuk kendaraan bermuatan seperti truk yang hendak melintasi kawasan Lapangan Merdeka, dapat menggunakan jalur lain," katanya.

Pada acara jalan sehat tersebut juga direncanakan pelepasan ratusan pasang burung merpati yang dilakukan oleh ibu-ibu Bhayangkari.

Baca Juga: 5 Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan, Jangan Dibuang Ya!

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya