Persiapan Arus Mudik, Dishub Kaltim Lakukan Ramp Check 

Pemeriksaan bus laik jalan untuk angkutan Lebaran

Balikpapan, IDN Times - Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan terhadap bus penumpang antar kota yang ada di Terminal Batu Ampar, Balikpapan Utara pada Selasa (21/5) .

Pada pemeriksaan kelaikan kendaraan didapati dua bus yang surat-suratnya sudah tidak berlaku serta alat keamanan berkendara yang tidak berfungsi sehingga dilarang beroperasi.

1. Pemeriksaan kelaikan bus

Persiapan Arus Mudik, Dishub Kaltim Lakukan Ramp Check IDN Times/M.Idris

Untuk menekan angka kecelakaan berlalu lintas, Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim melakukan Ramp Check  (inspeksi keselamatan atau pemeriksaan kelaikan kendaraan) pada  bus yang digunakan untuk angkutan mudik Lebaran di Terminal Batu Ampar, Balikpapan. Selain bus, Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim juga memeriksa mobil penumpang umum.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Batu Ampar Irda Haryono menjelaskan semua bus harus diperiksa laik atau tidaknya untuk digunakan sebagai angkutan mudik. Pemeriksaan ini  dilakukan sebelum puncak arus mudik yang terjadi seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Semua komponen, dari rem, lampu, ban, speedometer, surat-surat kendaraan karena ini hal yang penting yang harus disiapkan sebelum membawa penumpang nanti" jelas Irda.

Ramp Check dilakukan guna menunjang keselamatan para penumpang bus yang menggunakan jasa transportasi darat antar kota.

Baca Juga: Bus Mudik Gratis Jatim Terbanyak di Indonesia

2. Dilarang beroperasi bila tidak dilakukan pembenahan.

Persiapan Arus Mudik, Dishub Kaltim Lakukan Ramp Check IDN Times/M.Idris

Untuk meningkatkan pelayanan dalam jasa transportasi darat, Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim bersikap tegas terhadap para perusahaan bus yang ada di Terminal Batu Ampar Balikpapan Utara.

"Banyak yang nakal, setelah diberikan teguran tidak juga dilakukan pembenahan, sehingga sikap tegas harus dijalankan," kata Irda Haryono.

Ia menambahkan, "Kita kasih waktu dua hari setelah pemeriksaan, dan hasil pemeriksaan diberikan kepada perusahaan jasa angkutan yang bersangkutan. Jika tidak dilakukan pembenahan kami larang beroperasi," jelasnya.

Banyaknya alat keselamatan pada kendaraan bus yang tidak berfungsi dengan baik bisa menjadi salah satu faktor terjadinya kecelakaan lalu lintas. Selama musim mudik Lebaran kali ini jalur Balikpapan-Samarinda, akan ramai dilalui kendaraan luar kota, antara lain yang akan menuju ke Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

3. Pemeriksaan kesehatan supir bus

Persiapan Arus Mudik, Dishub Kaltim Lakukan Ramp Check IDN Times/M.Idris

Bukan hanya pada kesiapan kendaraan saja, namun pemeriksaan juga akan dilakukan pada sopir bus untuk mengetahui kesehatan hingga tes urine. Tes urine ini akan dilakukan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Balikpapan.

"Pengemudi juga harus sehat, terbebas dari narkoba, agar penumpang yang di bawanya selamat sampai tujuan".

Untuk melayani para penumpang dan pengemudi, Posko Pelayanan dan Posko Kesehatan akan didirikan pula di Terminal Bus Batu Ampar, Balikpapan.

Baca Juga: 6 Keuntungan Mudik Naik Bus, Alternatif Saat Kereta & Pesawat ‘Ludes’ 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya