Comscore Tracker

Tak Cuma Seni Bela Diri, Lestarikan Pencak Silat Budaya Nusantara

Tak hanya sekedar seni bela diri 

Balikpapan, IDN Times - Pencak silat bukan hanya sekedar seni bela diri, namun belajar pencak silat juga untuk melestarikan budaya leluhur bangsa Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh perguruan seni Pencak Silat Bakti Diri Darmaraga yang sudah eksis di Balikpapan sejak tahun 1992.

Setiap hari Minggu, perguruan Pencak Silat Bakti Diri Darmaraga selalu berlatih di Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota.

"27 tahun melatih bukan hal yang mudah, terlebih anak muda, yang saat ini lebih nyaman bermain ponsel ketimbang melestarikan budaya nusantara," jelas Darmanto saat melatih para pesilat, hari Minggu (21/7).

1. Generasi muda harus mengenal budaya nusantara

Tak Cuma Seni Bela Diri, Lestarikan Pencak Silat Budaya NusantaraIDN Times/ M. Idris

Perguruan Seni Pencak Silat Bakti Diri Darmaraga, setiap hari Minggu berlatih bersama di Monpera bersama 125 anggota.

"Saat ini ada 125 anggota, dari anak-anak dan dewasa. Selama ini kita terus berlatih bersama," jelas Darmanto.

Saat ini para pesilat Bakti Diri Darmaraga sudah tersebar luas di Balikpapan, bahkan hingga Samboja, Kutai Kartanegara. Dari 125 anggota yang aktif berlatih, terdapat 3 atlet nasional.

"Kita memiliki 3 atlet nasional saat ini, dan masih terus berlatih mengasah kemampuan serta terus melestarikan budaya," ungkap Darmanto.

Baca Juga: Pencak Silat, Dari Indonesia hingga Tenar ke Seluruh Dunia

2. Tidak mudah mencari bibit muda atlet pencak silat

Tak Cuma Seni Bela Diri, Lestarikan Pencak Silat Budaya NusantaraIDN Times/ M. Idris

Sebagai pelatih yang telah 27 tahun berkiprah di dunia seni bela diri Pencak Silat ternyata masih kesulitan untuk terus menularkan seni budaya warisan Nusantara ini. Pasalnya banyak anak muda saya ini lebih nyaman memegang smartphone di tangan mereka ketimbang ikut menjaga dan berlatih pencak silat.

"Ya kendalanya itu mas, sudah mencari bibit atlet pencak silat, karena mereka asik dengan smartphone," ucap Darmanto.

Pelatih Darmanto menambahkan, saat ini anak muda sudah terdegradasi, bahkan bisa dikatakan saat ini anak muda sulit mencintai warisan seni budayanya sendiri.

Dirinya berharap agar pencak silat bisa terus eksis di kancah nasional dan internasional dan tidak punah ditelan zaman, serta seni bela diri ini tidak disalahgunakan.

"Mudah-mudahan dengan kegigihan para anggota seni pencak silat Bakti Diri Darmaraga bisa terus melahirkan pecinta warisan nusantara ini dan terus mengembangkan hingga kapanpun," pungkasnya.

Baca Juga: Keren, 9 Fakta Pencak Silat Melanglang Buana Sukses Sampai ke Amerika!

Topic:

  • Mela Hapsari

Just For You