Uang Nasabah Bank Mandiri Dijamin Aman dan Tidak Hilang

Sistem error terjadi secara nasional

Balikpapan, IDN Times - Sistem Bank Mandiri yang error membuat pihak Bank Mandiri harus membuka kantor layanannya hingga sore hari, untuk melayani para nasabah yang komplain atas raibnya saldo mereka di rekening bank pelat merah itu. Hal ini bukan hanya saja terjadi di Balikpapan, melainkan seluruh Indonesia.

Untuk menenangkan pihak nasabah yang khawatir uang yang mereka simpan lenyap, Kepala Cabang Bank Mandiri Balikpapan angkat bicara. "Bank Mandiri menjamin uang yang tersimpan di Bank Mandiri tidak hilang, saat ini lagi dilakukan pemulihan sistem di Bank Mandiri pusat," jelas Aksomo Widiasto Head Manager Bank Mandiri Balikpapan.

1. Bank Mandiri menjamin uang nasabah aman

Uang Nasabah Bank Mandiri Dijamin Aman dan Tidak HilangIDN Times/ M. Idris

Head Manager PT Bank Mandiri Balikpapan Aksomo Widiasto menjelaskan, kejadian ini bukan hanya terjadi di Balikpapan saja melainkan skala nasional, dan nasabah diharapkan tidak panik, karena uang yang ada di Bank Mandiri tidak hilang.

"Ada perbaikan sistem karena ada yang error saat ini masih di lakukan recovery di Bank Mandiri Pusat Jakarta," jelas Aksomo.

Oleh Bank Mandiri, para nasabah diminta untuk melakukan pengecekan melalui elektronik channel yang tersedia, seperti di ATM atau Mandiri Online. Pihaknya menjamin bahwa saldo tak akan berkurang.

"Kita terus mengecek pergerakan recovery yang dilakukah oleh Bank Mandiri Pusat, dan sudah ada beberapa nasabah yang saldonya sudah kembali dan tidak berkurang sedikitpun," ucap Aksomo di ruang kerjanya.

Baca Juga: Nasabah Mandiri yang Saldonya Mendadak 'Gemuk' Wajib Dikembalikan

2. Hari Minggu Bank Mandiri akan buka pelayanan, jika masih terjadi error

Uang Nasabah Bank Mandiri Dijamin Aman dan Tidak HilangIDN Times/ M. Idris

Untuk memberikan komitmen kepada para nasabah, Head Manager Bank Mandiri Balikpapan, Aksomo menjelaskan, jika sistem belum selesai juga hingga Sabtu sore ini, pihaknya akan kembali buka pada hari Minggu meskipun merupakan hari libur.

"Kita komitmen, jika tidak selesai hari ini, yang kita akan buka lagi Minggu besok, hingga semua selesai masalah saldo yang lenyap milik nasabah," ungkapnya.

Ia menambahkan, jika semua sudah teratasi namun ada selisih di saldo, silahkan datang ke Bank Mandiri untuk kembali mengecek saldo yang ada sebelum terjadi sistem error.

"Kita hanya buka yang resmi saja, yakni di kantor cabang saja, selain itu juga posisinya pada hari libur, normalnya hanya buka sampai jam 15.00 WITA, namun kita lihat situasi di lapangan," ujarnya.

3. Baru sekali dialami Bank Mandiri Balikpapan

Uang Nasabah Bank Mandiri Dijamin Aman dan Tidak HilangIDN Times/ M. Idris

Kejadian sistem yang error ini merupakan yang pertama kalinya, terjadi di Balikpapan. Aksomo memaklumi para nasabah terkejut dan panik.

"Setahu saya baru kali  ini Bank Mandiri terjadi error khususnya di Balikpapan, namun bank mandiri menjamin keutuhan uang nasabah yang ada di Bank Mandiri ini, pasti kami investigasi, ada data rekening, nasabah pegang ATM dan buku tabungan, kita cross check sama-sama. Semua bisa ditelusuri," beber Aksomo.

Baca Juga: Bank Mandiri Pastikan Sistem Error Tak Berimbas ke Transaksi

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya