Balikpapan dan Donggala Jalin Kerjasama Sumber Daya Alam

Balikpapan kota jasa yang terus membuka peluang investasi

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan menandatangani kerjasama bidang sumber daya alam (SDA) dan pertanian dengan Pemerintah Kabupaten Donggala, Selasa (16/7/2019)

Penandatanganan kerjasama ini ditandatangani oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama dengan Bupati Donggala Kasman Lassa di aula Kantor Wali Kota Balikpapan.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan pihaknya menyambut baik kerjasama ini karena akan memberikan banyak keuntungan bagi Kota Balikpapan.

"Kami menyambut baik penandatanganan kerjasama ini, karena sebenarnya hubungan kerjasama antara Balikpapan sama Donggala  sudah dilakukan dalam waktu yang lama," kata Rizal ketika diwawancarai usai menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten Donggala di Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (16/07).

1. Pemkot mendorong pada investasi di pertanian

Balikpapan dan Donggala Jalin Kerjasama Sumber Daya AlamIDN Times/Maulana

Sebagai kota jasa yang tidak memiliki lahan pertanian, Kota Balikpapan sangat membutuhkan pasokan bahan pokok dari luar daerah.

Hampir 90 persen pasokan bahan pokok yang dibutuhkan di Kota Balikpapan dipasok dari luar Balikpapan seperti Kabupaten Penajam Paser Utara, Sulawesi dan Pulau Jawa.

Dalam sambutannya, Rizal Effendi menyebutkan salah satu bidang yang akan dikerjasamakan dengan Kabupaten Donggala adalah penyediaan bahan pokok seperti daging sapi.

Dengan jumlah penduduk yang mencapai 645 ribu, maka kebutuhan daging sapi di Kota Balikpapan cukup tinggi. Untuk itu, pihaknya akan menjajaki peluang kerjasama ini sehingga bisa ditindaklanjuti.

"Di rumah potong hewan saja yang dipotong bisa mencapai 40 ekor per hari, dan ini adalah peluang yang bisa dikerjasamakan " jelas Rizal.

 

Baca Juga: 5 Investasi Uang Paling ‘Sehat’ yang Harus Kamu Lakukan di Usia 20-an

2. Lebih diutamakan pada membuka peluang usaha

Balikpapan dan Donggala Jalin Kerjasama Sumber Daya AlamIDN Times/Maulana

Dengan penandatanganan kerja sama ini diharapkan dapat menambah peluang usaha bagi pengusaha di Kota Balikpapan. Menurut Rizal, kerja sama antara Kota Balikpapan dengan Kabupaten Donggala bukan hal baru, karena sebenarnya secara tidak langsung sudah berlangsung lama.

Tidak hanya sebatas pada pasokan di bidang kebutuhan bahan pokok, namun juga pada material bahan bangunan seperti pasir palu dan bahan material batu lainnya.

"Nanti kita kumpulkan (pengusaha) apa saja yang bisa kita kerjasamakan," ujarnya.

Ada beberapa hal yang bekerja sama dengan Kabupaten Donggala yakni kerja sama manajemen perkotaan, promosi perdagangan industri dan investasi, kebudayaan dan pariwisata, potensi pangan daerah, teknologi dan pendidikan.

3. Secara infrastruktur kota balikpapan sudah siap

Balikpapan dan Donggala Jalin Kerjasama Sumber Daya AlamIDN Times/Maulana

Rizal menyampaikan secara infrastruktur Kota Balikpapan sudah siap untuk membuka peluang kepada para investor untuk berinvestasi.

"Kami membuka peluang investasi kepada siapa saja, untuk berinvestasi di Kota Balikpapan," terangnya

Balikpapan telah siap secara infrastruktur seperti pelabuhan dan bandara berkelas internasional,  bahkan ia mengaku optimis Balikpapan juga siap apabila ditunjuk menjadi ibukota negara yang baru.

Baca Juga: Apindo Kaltim: Investasi Mesti Menyejahterakan Rakyat 

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya