Gandeng Jasindo, Angkasa Pura 1 Tingkatkan Pelayanan Asuransi Bandara 

Penumpang dan komunitas bandara wajib diproteksi asuransi

Balikpapan, IDN Times -  PT Angkasa Pura (Persero) I Balikpapan menggandeng perusahaan penyedia asuransi Jasindo untuk melakukan peningkatan layanan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

"Kami bekerjasama dengan Jasindo untuk memberikan pemahaman kepada komunitas yang ada di bandara SAMS Sepinggan, terkait ruang lingkup asuransi di bandara," kata General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha dalam rilisnya, Kamis (15/08).

1. Tingkatkan sosialisasi ke komunitas bandara

Gandeng Jasindo, Angkasa Pura 1 Tingkatkan Pelayanan Asuransi Bandara Dok.IDN Times/Istimewa

Untuk meningkatkan pemahaman tentang masalah asuransi, PT Angkasa Pura I Balikpapan bekerjasama dengan penyedia asuransi Jasindo menggelar sosialisasi tentang pemahaman tentang layanan asuransi di lingkup hukum bandar udara.

“Kami menggelar sosialisasi dalam rangka memberikan pemahaman dan kepastian jaminan terkait tanggung jawab hukum Bandar Udara terhadap asuransi kepada seluruh penumpang dan unit terkait pengoperasian di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan,” jelasnya

Pelaksanaan sosialisasi ini dilaksanakan atas kerjasama antara  PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan bersama PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, Kamis (15/08).

Kegiatan ini diikuti oleh manajemen Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan beserta jajarannya dan para komunitas bandara termasuk tim dari Jasindo.

Baca Juga: Angkasa Pura I Segera Bangun Hotel di Bandara Kulon Progo Yogyakarta 

2. Kegiatan di bandara wajib tercover asuransi

Gandeng Jasindo, Angkasa Pura 1 Tingkatkan Pelayanan Asuransi Bandara Dok.IDN Times/Istimewa

Dalam sambutannya, Farid mengatakan seluruh aktivitas yang ada di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan , baik dari Angkasa Pura I maupun komunitas Bandara wajib terlindungi asuransi karena memiliki risiko.

"Terkadang hal-hal kecil kita tidak memahami sepenuhnya seperti apa maka perlu dilaksanakan sosialisasi ini". katanya.

Ia mengatakan dalam melaksanakan pekerjaan meskipun sederhana pasti memiliki risiko, sehingga setiap kejadian dalam pekerjaan wajib dilaporkan untuk dikaji lebih mendalam dalam kaitanya dengan cover asuransi.

“Untuk itu saya minta kejadian yang terjadi bisa dilaporkan segera mungkin secara rutin, nanti dijelaskan seberapa besar asuransi menanggung kejadian di Bandara" terangnya

3. Sebanyak 14 bandara di AP 1 sudah tercover Jasindo

Gandeng Jasindo, Angkasa Pura 1 Tingkatkan Pelayanan Asuransi Bandara Dok.IDN Times/Istimewa

Sebanyak 14 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) telah diproteksi oleh  asuransi Jasindo.

Sri Kunto Yuningsih, perwakilan dari asuransi Jasindo mengatakan sesuai Undang-Undang No.1 Tahun 2009 tentang Penerbangan Pasal 240 pihaknya telah berkomitmen untuk melakukan  peningkatan pelayanan terhadap aktivitas di Bandara termasuk Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Menurutnya, kerugian yang tertanggung sehubungan operasional di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan diantaranya cedera badan meliputi kematian, luka fisik atau cacat dan kerusakan harta benda meliputi musnah, hilang atau rusak.

“Kami minta juga agar PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan tindakan-tindakan yang wajar untuk mencegah terjadinya kerusakan, kehancuran atau kerugian atas aset-aset yang diasuransikan,” tambahnya.

Baca Juga: Tak Usah Khawatir Gagal Panen, Ternak Lele Kini Bisa Diasuransikan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya