Kebakaran Kilang, Pertamina Jamin Distribusi BBM Dan LPG Aman

Investigasi penyebab kebakaran terus dilakukan

Balikpapan, IDN Times - PT Pertamina Refinery Unit V Kalimantan memastikan kejadian kebakaran yang terjadi di kawasan kilang milik Pertamina di Balikpapan, Kamis (15/8) tidak mempengaruhi proses distribusi untuk BBM dan LPG untuk wilayah Kalimantan dan Indonesia Timur

Produksi bahan bakar minyak dan LPG di kilang Pertamina Balikpapan dipastikan berjalan normal, tidak terganggu dengan kejadian kebakaran yang diduga berasal dari saat dilakukan perbaikan pipa.

“Kami pastikan untuk distribusi BBM aman, tidak terganggu dengan kejadian ini,”  kata  Manager Region Communication Relation & CSR Pertamina Kalimantan, Heppy Wulansari ketika diwawancarai awak media di kantornya, Kamis (15/08)

1. Produksi kilang Pertamina tetap berjalan normal

Kebakaran Kilang, Pertamina Jamin Distribusi BBM Dan LPG AmanIDN Times/Maulana

Kejadian kebakaran di lokasi kilang Pertamina sempat menghebohkan warga Kota Balikpapan. Percikan Api diduga muncul sekitar pukul 9.15 Wita saat dilakukan perbaikan pipa.

Sejumlah warga yang tinggal di sekitar kawasan kilang Pertamina sempat panik dengan mengamankan diri dengan tidak berada di dalam rumah. Api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.15 Wita.

Terkait kejadian ini, Heppy  menegaskan bahwa kejadian kebakaran tersebut dipastikan tidak mengganggu operasional kilang minyak Balikpapan. Operasional kilang berjalan seperti biasa tanpa ada penurunan tingkat produksi.

Menurut Heppy, dalam kejadian ini pihak Pertamina langsung melokalisir lokasi kejadian agar api menyebar dan dapat segera dipadamkan. “Sekitar 3 jam api berhasil kami padamkan, kilang tetap beroperasi seperti biasanya,” jelasnya.

Pertamina menurunkan 4 unit mobil pemadam kebakaran dan 1 unit trailer foam untuk memadamkan api.

Baca Juga: Tangani Kebocoran Minyak, Pertamina Mempercepat Bor Sumur Baru

2. Pertamina membagikan masker kepada warga sekitar

Kebakaran Kilang, Pertamina Jamin Distribusi BBM Dan LPG AmanIDN Times/Maulana

Untuk mengantisipasi dampak setelah kebakaran ini, pihak Pertamina membagikan masker kepada warga yang tinggal di sekitar lokasi kilang,  agar asap yang terbawa angin tak sampai mengganggu kesehatan warga.

Selain itu, pihak Pertamina juga melakukan sosialisasi kepada warga agar tidak panik dalam kejadian ini dan tetap beraktivitas seperti biasa.

“Kami melakukan sosialisasi dan membagikan masker khususnya bagi warga yang tinggal di sekitar kilang. Termasuk minta masyarakat tak khawatir, karena banyak asap mengarah ke rumah warga akibat angin kencang,” jelasnya.

“ Kami juga sudah bagikan masker ke warga sekitar dan stand by kan tim medis apabila dibutuhkan.” terangnya.

 

3. Penyebab kebakaran masih menunggu hasil investigasi

Kebakaran Kilang, Pertamina Jamin Distribusi BBM Dan LPG AmanIDN Times/Maulana

Heppy menerangkan belum bisa memastikan penyebab munculnya api dalam kejadian ini karena masih menunggu proses investigasi.

"Saya belum bisa sebutkan penyebabnya, karena menunggu masih menunggu tim investigasi," jelasnya.

Tim Pertamina sudah mengunjungi pemukiman masyarakat yang berada di sekitar kilang untuk memastikan masyarakat dalam keadaan aman.

Baca Juga: Warga Panik, Kilang Pertamina RU V Balikpapan Terbakar

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya