Kurangi Sampah di Pantai, DLH Usulkan Tambah Armada Sampah Roda Tiga 

Jangan buang sampah ke laut

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah Kota Balikpapan berencana menambah 20 unit kendaraan angkutan roda tiga untuk menangani sampah di pesisir pantai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Suryanto menjelaskan 20 unit armada angkutan roda tiga ini akan dipergunakan untuk mengangkut sampah di permukiman warga di sekitar kawasan pantai.

Sebagian warga yang bermukim di tepi pantai selama ini masih banyak membuang sampah ke laut, karena belum terlayani armada angkutan sampah.

1. Masih banyak warga yang membuang sampah ke laut

Kurangi Sampah di Pantai, DLH Usulkan Tambah Armada Sampah Roda Tiga IDN TImes/Imam Rosidin

Suryanto mengungkapkan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, sebagian besar sampah yang mengotori pantai besar dari sampah rumah tangga. Warga yang tinggal di kawasan pinggir pantai masih banyak yang membuang sampah ke laut.

“Salah satu hasil penelitian, masalah sampah yang ada di pantai kita karena warga yang membuang sampah ke laut,” ungkap Suryanto.

Sampah dihasilkan, sebagian ada juga tidak sengaja terbuang ke laut akibat lokasi tempat pembuangan sampah yang jauh. Penambahan armada angkutan roda tiga ini bermanfaat agar sampah bisa lebih cepat terangkut.

“Saat ini kami masih maksimalkan armada truk yang terbatas pada TPS yang berada di tepi jalan, sehingga sampah yang ada di dalam jalan sempit atau gang masih belum terkoordinir,” ujar Suryanto.

Baca Juga: Dana Utang Rp1,4 Triliun untuk Bersihkan Sampah di Sungai Citarum 

2. DLH akan membangun TPS di pemukiman atas Air

Kurangi Sampah di Pantai, DLH Usulkan Tambah Armada Sampah Roda Tiga IDN Times/Maulana

Tidak tersedianya tempat pembuangan sampah di dekat rumah warga menjadi alasan masih banyaknya sampah yang berserakan di kawasan pantai. Untuk itu, DLH Kota Balikpapan berencana membangun TPS (Tempat Penampungan Sementara) di sejumlah titik dekat pemukiman yang berada di tepi pantai. Keberadaan TPS ini untuk memudahkan armada angkutan sampah roda tiga dalam mengumpulkan sampah.

“Kita akan membangun titik-titik pembuangan sampah, sehingga dapat dipilah sebelum dibuang ke TPS,” terangnya.

Suryanto menjelaskan saat ini pihaknya sudah memiliki sedikitnya 20 unit angkutan kendaraan roda tiga pengangkut sampah yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Tahun ini, kita ajukan lagi 20 melalui APBD Kota Balikpapan,” tuturnya.

Total anggaran yang dialokasikan mencapai Rp1,2 miliar, dengan alokasi anggaran Rp60 juta per unit.

3. Menggiatkan gerakan bersih pantai

Kurangi Sampah di Pantai, DLH Usulkan Tambah Armada Sampah Roda Tiga unsplash/Artem Beliaikin

Untuk meningkatkan kebersihan pantai di Balikpapan agar bebas dari sampah. DLH Kota Balikpapan akan menggiatkan gerakan sosialisasi untuk menjaga kebersihan pantai. Kegiatan ini akan melibatkan seluruh elemen masyarakat baik dari instansi pemerintah dan swasta serta organisasi masyarakat.

“Kami akan jadwalkan untuk kegiatan kerja bakti di pantai, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat,” terangnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai dan lingkungan sekitar.

Baca Juga: Indonesia Peringkat 2 Penyumbang Sampah Laut Terbanyak!

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya