Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan Turun

Maskapai belum ada yang mempersiapkan extra flight

Balikpapan, IDN Times - Musim libur Natal dan Tahun Baru Tahun 2019 diperkirakan tidak akan mempengaruhi kenaikan jumlah penumpang di Bandar Udara Internasional (SAMS) Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. Jumlah penumpang diperkirakan akan menurun pada musim Natal dan Tahun Baru Tahun 2019 hingga 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami perkirakan jumlah penumpang akan turun pada musim libur tahun ini, pengurangan ini dipengaruhi oleh dampak operasional Bandara APT Pranoto di Samarinda," kata  General Manager Angkasa Pura I Balikpapan, Farid Indra Nugraha ketika diwawancarai wartawan di Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Rabu (18/12).

1. Angkasa Pura membuka Posko Terpadu Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan TurunPosko Terpadu Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (IDN Times/Maulana)

Demi menjaga kelancaran operasional di Bandar Udara Internasional (SAMS) Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Angkasa Pura I Balikpapan resmi membuka Posko Terpadu Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (NATARU) pada Selasa, 18 Desember 2019. 

Pembukaan Posko Nataru dilaksanakan di area Lobi Keberangkatan dipimpin langsung General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha dan dihadiri Otoritas Bandara Wilayah VII Balikpapan, Perum LPPNPI (AirNav), BASARNAS, BMKG, CIQ, Maskapai Penerbangan, Ground Handling, PT. Asuransi Jasindo, Senkom, Orari dan unsur keamanan.

Pada pelaksanaan Posko Nataru 2019/2020, Farid mengatakan demi memastikan keamanan dan kenyamanan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dibuka Posko Nataru selama 19 hari yakni dimulai tanggal 19 Desember 2019 sampai dengan tanggal 6 Januari 2020. 

"Posko Nataru ini melibatkan sebanyak 109 personil yang tergabung bersama stakeholder unsur penerbangan, keamanan dan organisasi. Setiap harinya yang akan betugas sebanyak 37 personel dibagi 3 shift," kata Farid.

Lebih lanjut Farid mengungkapkan Posko Nataru di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan untuk memonitor jika ada penerbangan extra flight sehingga ada penambahan jam operasional.

Selain itu juga untuk kelancaran di area sisi udara semua pekerjaan termasuk overlay dapat dihentikan sementara dan inspeksi rutin harian di area Bandara SAMS Sepinggan dimaksimalkan secara intensif.

Baca Juga: Sepanjang 2019, Angka Kemiskinan di Balikpapan Menurun 

2. Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada 21 Desember

Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan TurunBandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (IDN Times/Maulana)

Mengenai dengan perkiraan puncak arus penumpang serta antisipasi kemungkinan delay, Farid menyampaikan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan beserta seluruh instansi terkait telah melakukan koordinasi untuk memastikan kesiapan bandar udara dalam mengantisipasi penumpukan penumpang dan penerbangan.

Adapun arus mudik Nataru tahun 2018/2019 lalu tercatat sebanyak 3.098 pesawat dan 343.139 penumpang yang datang berangkat melalui Bandara SAMS Sepinggan.

Sementaradiprediksi untuk Nataru 2019/2020 jumlah pesawat akan turun sekitar 8 persen  yakni 2.847 pesawat dan penumpang turun 20,31 persen atau sebanyak 273.441 penumpang.

"Untuk  maskapai di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan belum ada yang mengajukan extra flight," ujarnya.

Farid menambahkan puncak arus kepadatan penumpang Nataru tahun ini diprediksi puncak keberangkatan terjadi pada tanggal  21 Desember 2019 dengan perkiraan melayani 8.948 penumpang dan puncak kedatangan 5 Januari 2020 sebanyak 9.414 penumpang.

3. Pemeriksaan runway ditingkatkan

Libur Natal dan Tahun Baru, Penumpang di Bandara SAMS Sepinggan TurunIDN Times/Maulana

Terkhusus antisipasi yang dilakukan Angkasa Pura I Balikpapan untuk keselamatan penerbangan memasuki musim penghujan dengan memastikan pemeliharaan dan pergerakan di area sisi udara, setiap dua kali sehari melakukan inspeksi runway. 

"Kita bersihkan bekas ban di lokasi runway terkait peningkatan jumlah penerbangan, serta meningkatkan kegiatan membersihkan runway  ketika hujan," terangnya.

Selain itu beberapa waktu lalu pasca bom bunuh diri di Medan peningkatan pengamanan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan diperketat pada jalur akses masuk dan keluar serta petugas aktif berpatroli di area sekitar Bandara.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Apresiasi Presiden Mau Resmikan TPA Manggar

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya