Pangdam VI/Mulawarman: Ancaman Dunia Cyber, Bentuk Peperangan Baru 

Media cyber tidak menghancurkan tapi merusak

Balikpapan, IDN Times - Pangdam VI/ Mulawarman, Mayjen TNI Subiyanto mengatakan jajaran TNI harus siap mewaspadai ancaman dunia cyber terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hal itu disampaikan Subiyanto ketika memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-74 di Lapangan Merdeka Balikpapan, Sabtu (5/10).

"Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru, kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia juga membawa dampak terstruktur di berbagai bidang," kata Pangdam kepada jajarannya.

1. Perkembangan dunia cyber, membawa bentuk peperangan baru

Pangdam VI/Mulawarman:  Ancaman Dunia Cyber, Bentuk Peperangan Baru IDN Times/Maulana

Kemajuan teknologi yang semakin pesat menyebabkan penyebaran informasi di masyarakat semakin cepat dan mudah.

Melalui media sosial setiap orang dapat mengabarkan setiap informasi yang didapat secara langsung ke khalayak ramai tanpa ada batasan.

Kondisi ini telah menimbulkan banyak kekhawatiran karena banyaknya tersebar informasi palsu yang membuat masyarakat gampang terhasut isu yang belum terbukti kebenarannya.

Pangdam menyatakan jajaran TNI harus siap menghadapi perkembangan teknologi yang terjadi di masyarakat. Perkembangan teknologi tidak hanya membawa kemajuan, namun juga menimbulkan dampak bagi masyarakat.

Hal ini menurutnya, telah menjadi konsep baru peperangan yang harus siap dihadapi oleh jajaran prajurit TNI. Dengan tidak adanya pembatasan jaringan informasi publik konsep peperangan tidak lagi terbatas dalam suatu batas teritorial.

"Peperangan  sudah masuk ke berbagai dimensi, dan tidak terbatas teritorial," ujarnya.

2. Prajurit TNI harus siap menghadapi perubahan

Pangdam VI/Mulawarman:  Ancaman Dunia Cyber, Bentuk Peperangan Baru IDN Times/Maulana

Subiyanto menegaskan prajurit TNI harus siap menghadapi perkembangan teknologi yang terjadi, untuk meningkatkan kesiapan dalam menjaga keutuhan negara.

"Peperangan di dunia cyber yang disertai kurangnya informasi memang tidak menghancurkan namun sangat merusak bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara," tegasnya.

Kondisi ini telah mengubah konsep peperangan konvensional yang selama ini diterapkan, karena telah menggeser menjadi peperangan informasi di dunia cyber atau maya. 

3. Tingkatkan sinergitas TNI

Pangdam VI/Mulawarman:  Ancaman Dunia Cyber, Bentuk Peperangan Baru IDN Times/Maulana

Pangdam juga berpesan agar prajurit TNI dapat meningkatkan sinergi dengan elemen bangsa lainnya sehingga TNI dapat menjadi perekat bangsa yang berbhineka tunggal ika.

"Tingkatkan  dan pegang teguh nilai kebajikan serta kemanunggalan TNI dengan rakyat agar kita selalu menjadi pemersatu  bangsa yang berbhineka tunggal ika," terangnya.

Menurutnya, prajurit TNI juga harus bisa meningkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi berbagai macam tantangan tugas, dengan menyikapi berbagai kemajuan untuk mengarahkan ke perubahan yang positif.

"Jalanilah setiap tugas kita dengan ikhlas karena tugas kita adalah semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta ini," tambahnya.

4. Pertunjukan drama kolosal tentang sejarah TNI

Pangdam VI/Mulawarman:  Ancaman Dunia Cyber, Bentuk Peperangan Baru IDN Times/Mela Hapsari

Sejak pagi masyarakat kota Balikpapan dan sekitarnya antusias mengikuti upacara HUT TNI. Selepas upacara HUT ke-74 TNI masyarakat dan peserta upacara dihibur drama kolosal tentang sejarah TNI. Pada drama ini dipertontonkan kisah perjalanan sejak masa penjajahan hingga terbentuknya TNI. Juga sekelumit kisah prajurit yang rela meninggalkan keluarga demi membela nusa dan bangsa.

Pada drama kolosal ini masyarakat juga menikmati pertunjukan atraksi ketrampilan TNI dalam menjinakkan bom, maupun kekuatan fisik para prajurit TNI.

Selanjutnya masyarakat juga menonton Defile, dan hiburan artis ibu kota, yakni  Zaskia Gotik, Fitri Carlina, dan Duo Sovia yang menggoyang Lapangan Merdeka Balikpapan.

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya