Pertamina Tingkatkan Skill Manajemen Usaha dan Keuangan UMKM

Bedakan keuangan usaha dengan pribadi

Balikpapan, IDN Times - Pertamina Kalimantan menggelar program peningkatan kemampuan atau upskilling kepada 14 kelompok binaan Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina MOR VI Kalimantan.

Kegiatan ini merupakan kerja sama antara Pertamina Kalimantan dengan Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim. Kegiatan upskilling dilaksanakan di Gedung Serba Guna Terminal BBM Balikpapan pada Kamis (22/8).

1. Guna meningkatkan kemampuan manajemen usaha

Pertamina Tingkatkan Skill Manajemen Usaha dan Keuangan UMKMDok.IDN Times/Istimewa

Selain untuk memberikan motivasi kepada kelompok usaha binaan, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan motivasi pada kelompok binaan program CSR dengan memfasilitasi kelompok untuk diberikan pendampingan serta pelatihan dalam meningkatkan kemampuan manajemen usaha baik dari administrasi, legalitas, hingga pengelolaan keuangan.

"Upskilling kali berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, dengan mengusung tema manajemen usaha dan keuangan," kata Region Manager Communication & CSR Pertamina Kalimantan Heppy Wulansari dalam rilisnya, Kamis (22/8).

Baca Juga: 1,1 Juta Pelaku UMKM Naik Kelas, Dana Pinjaman BRI Capai Rp126 Miliar

2. Kemampuan manajemen usaha menjadi kunci keberhasilan

Pertamina Tingkatkan Skill Manajemen Usaha dan Keuangan UMKMDok.IDN Times/Istimewa

Kemampuan manajemen usaha kelompok binaan menjadi salah faktor keberhasilan dalam meningkatkan perekonomian kelompok usaha. Para anggota kelompok usaha binaan diharapkan mampu meningkatkan kemampuan manajemen usaha, sehingga usaha yang dijalankan dapat terus berkembang.

“Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah untuk terus meningkatkan sumber daya yang berkualitas, meningkatkan perekonomian, dan peningkatan taraf kesejahteraan terkhusus di Kota Balikpapan,” ungkap Heppy Wulansari.

Program upskilling ini juga diharapkan sebagai wadah saling berbagi pengalaman sesama UMKM dan diharapkan kedepannya bisa melibatkan seluruh kelompok binaan Pertamina MOR VI Kalimantan.

3. OJK sampaikan materi tentang legalitas usaha

Pertamina Tingkatkan Skill Manajemen Usaha dan Keuangan UMKMDok.IDN Times/Istimewa

Pelatihan dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama disampaikan oleh Rabiatun dari Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Balikpapan dengan materi manajemen usaha. Dilanjutkan sesi kedua oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kaltim, Adi Setyo Wibowo yang menyampaikan mengenai materi legalitas pengelolaan usaha.

Adi mengungkapkan, seorang pengusaha itu perlu memiliki pengetahuan mengenai controlling usaha agar lebih terorganisir. "Untuk mempertahankan usaha, para pelaku usaha wajib membedakan antara keuangan usaha dengan pribadi,” jelasnya.

Selama kegiatan peserta aktif bertanya mengenai usaha mereka maupun bagaimana cara untuk tetap mempertahankan dan mengembangkan usaha mereka.

“Terima kasih kepada Pertamina atas fasilitas yang diberikan, ilmu mengenai pengelolaan keuangan dan berharap program seperti ini bisa selalu dilaksanakan dan kami pun menyadari bahwa Pertamina itu sangat peduli kepada UMKM”, ungkap Andi perwakilan kelompok binaan DPPU Sepinggan selaku peserta upskilling.

Baca Juga: Polisi Periksa 4 Pekerja Terkait Kebakaran Kilang Pertamina Balikpapan

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya