Pipa Bocor, 45 Persen Pelayanan PDAM Balikpapan Terganggu

IPAM Kampung Damai stop produksi lagi

Balikpapan, IDN Times - Perusahaan Daerah Air Minum Kota Balikpapan terpaksa menghentikan distribusi air bersih kepada 45 persen pelanggan. Penghentian itu dilakukan akibat adanya kebocoran pipa transmisi yang menyalurkan air baku ke Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Kampung Damai.

Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Kota Balikpapan Sukono menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan, terutama yang daerahnya lebih dahulu mengalami tekanan distribusi yang kecil bahkan tidak mengalir terlebih dahulu.

1. Kebocoran pipa terjadi di 2 titik

Pipa Bocor, 45 Persen Pelayanan PDAM Balikpapan TergangguIDN Times/Maulana

Sukono menjelaskan kebocoran pipa jalur transmisi IPAM Kampung Damai sudah terjadi sejak Sabtu (21/7). Terdapat dua titik lokasi kebocoran yakni pada pipa transmisi air baku diameter 600mm steel yang berada di Jalur Kebon Karet dan Jalur Hutan Transad Km.8.

Kerusakan tersebut akibat dari terjadinya pergerakan tanah ditambah kondisi hujan yang sudah dua malam mengguyur Balikpapan.

"Ada 2 titik yang mengalami kebocoran akibat pergeseran tanah pada saat terjadi hujan deras 2 malam terakhir," ujarnya.

Baca Juga: Suplai Menipis karena Kemarau, PDAM Berebut Air dengan Para Petani

2. Distribusi pelayanan air bersih untuk 35 ribu pelanggan terganggu

Pipa Bocor, 45 Persen Pelayanan PDAM Balikpapan TergangguIDN Times/Maulana

Sukono menjelaskan, jalur jaringan pipa transmisi air baku IPAM Kampung Damai adalah jantung produksi yang menghasilkan air bersih dan merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan masyarakat Kota Balikpapan.

Jalur pipa ini memiliki panjang mencapai 15 kilometer sehingga tidak mudah untuk menjaga dan merawatnya ditambah usia pipa yang cukup lama dan lokasi penanaman pipa yang berada di dalam hutan serta melewati jalan utama di sepanjang jalur MT. Haryono.

Kejadian kebocoran jalur pipa transmisi tersebut mengakibatkan IPAM Kampung Damai mengalami penurunan kuantitas debit air yang cukup drastis.

Pelanggan yang tinggal di daerah atas dan daerah jauh dari IPAM Kampung Damai terkena dampak kebocoran pipa ini. Apalagi zona wilayah distribusi dari IPAM ini ada beberapa wilayah dengan kontur tanah yang berada di daerah lembah dan perbukitan. Jadi jika biasanya mendapatkan pelayanan air 24 jam, turun di kisaran 12 jam hingga 6 jam

"Memang tidak bisa dipungkiri, dengan Kondisi 80 persen kontur tanah di Kota Balikpapan perbukitan, PDAM mengakui masih adanya pelayanan distribusi air yang belum bisa terlayani selama 24 jam penuh," jelasnya.

3. Perbaikan ditargetkan selesai 1x24 jam

Pipa Bocor, 45 Persen Pelayanan PDAM Balikpapan TergangguIDN Times/Maulana

Sukono menerangkan PDAM Kota Balikpapan sudah menjadwalkan akan melakukan perbaikan di jalur pipa transmisi IPAM Kampung Damai. IPAM Kampung Damai akan stop produksi besok hari Selasa (16/7)  untuk perbaikan pipa transmisi.

PDAM Kota Balikpapan merencanakan perbaikan tersebut pada jam 09.00 WITA, ditargetkan selesai dalam 24 jam.

Sukono mengimbau kepada pelanggan untuk mempersiapkan penampungan di rumah. Selama air mengalir ia meminta untuk disimpan atau ditampung di rumah semaksimal mungkin.

Baca Juga: Apa yang Dilakukan PDAM Jelang Puncak Musim Kemarau?

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya