Cegah COVID-19, Pantai Manggar Segarasari Kembali Ditutup Sementara 

Sebagian tempat wisata masih buka seperti biasa

Balikpapan, IDN Times - Total kasus terkonfirmasi positif yang telah menembus angka seribu lebih di Balikpapan membuat pemerintah kota mengambil langkah tegas. Lokasi maupun aktivitas yang berpotensi membuat orang berkerumun seperti misalnya di tempat wisata dihentikan sementara.

Pemerintah Kota Balikpapan telah beberapa kali menutup tempat wisata, terbaru penutupan pada 14-16 Agustus 2020. Namun, setelah 4 hari pelayanan wisata dibuka kembali, mendadak pagi tadi, tempat wisata diinstruksikan untuk ditutup lagi. Salah satunya Pantai Manggar Segarasari.

"Untuk saat ini dapat perintah untuk menutup Pantai Manggar kembali, sampai ada pemberitahuan selanjutnya," kata Kepala Pengamanan UPTD Pantai Manggar, Hairul Juldy saat ditemui di kantornya, pada Jumat (21/8/2020).

1. Sebelumnya ada pemberitahuan akan lanjut penutupan, namun tidak ada instruksi

Cegah COVID-19, Pantai Manggar Segarasari Kembali Ditutup Sementara Pedagang di Pantai Manggar Segarasari Balikpapan menutup dagangannya (IDN Times/Riani Rahayu)

Dijelaskan oleh Hairul, bahwa sebelumnya setelah penutupan 3 hari yang ditetapkan pemerintah beberapa waktu lalu, telah ada instruksi bahwa kemungkinan penutupan akan berlanjut hingga tanggal 24 Agustus. Tetapi hingga dibuka pada, Senin (17/8/9), tak ada instruksi lebih lanjut mengenai penutupan lanjutan tersebut.

"Dan pagi ini mendadak kami diinformasikan pagi tadi bahwa akan ditutup kembali, mengingat kelonjakan kasus saat ini. Padahal kami sempat buka tadi pagi," ujarnya.

Lanjut Hairul, penutupan mendadak ini membuat para pedagang mengeluh, karena mereka telah bersiap-siap untuk buka. Bahkan para pengunjung terpaksa harus putar balik dan mengurungkan niat untuk berlibur.

Baca Juga: Pandemik COVID-19, Objek Wisata di PPU Ramai Meski Masih Ditutup

2. Sempat disidak oleh camat dan petugas polisi

Cegah COVID-19, Pantai Manggar Segarasari Kembali Ditutup Sementara Pantai Manggar Segarasari Balikpapan (IDN Times/Riani Rahayu)

Mengenai penutupan ini, Hairul mengatakan, sempat dilakukan sidak di lokasi Pantai Manggar Segarasari untuk memastikan bahwa tidak ada pengunjung yang berada disana saat penutupan.

"Setelah dapat info itu, saya sampaikan menggunakan pengeras suara bahwa pantai Manggar tutup dulu. Ada pengunjung yang sudah terlanjur bakar-bakar, (makanan) saya sampaikan silahkan dilanjut setelah itu kembali (pulang) karena nanti ada sidak," ucapnya.

3. Sebagian lokasi wisata lainnya tetap buka

Cegah COVID-19, Pantai Manggar Segarasari Kembali Ditutup Sementara Pantai Lamaru Balikpapan tetap dikunjungi wisatawan pada long weekend Tahun Baru Islam, pada Jumat (21/8/2020) IDN Times/Riani Rahayu

Namun, saat IDN Times mengunjungi dua lokasi wisata lainnya, yaitu Pantai Lamaru dan Penangkaran Buaya Teritip, tempat tersebut tetap buka seperti biasa. Dari pantauan IDN Times ada wisatawan yang datang ke dua tempat wisata ini namun tidak terlalu banyak.

Saat ditemui di Kantor dan Informasi Pantai Lamaru, Operasional Manager Tonny Kansil mengatakan, bahwa Pantai Lamaru tetap dibuka seperti biasa. Tapi tetap dengan menjalani protokol kesehatan.

"Kami tetap buka dan menerima pengunjung, tetapi tetap dengan menerapkan protokol kesehatan. Dari pintu masuk hingga di sini Pantai Lamaru. Ada petugas kami juga yang akan memantau di lapangan protokol tetap berjalan," terang dia.

Begitu pula dengan Penangkaran Buaya Teritip. Lokasi wisata ini tetap buka dan menerima pengunjung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kota Balikpapan.

Baca Juga: Meski Zona Merah Corona, Tempat Hiburan di Samarinda Tetap Dibuka

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya