Bangkai Pesawat Zaman Perang Dunia II Ditemukan di Hutan Kotabaru

Besinya dimanfaatkan warga untuk membuat pisau

Balikpapan, IDN Times - Warga Kotabaru Kalimantan Selatan (Kalsel) menemukan serpihan bangkai pesawat, tepatnya sekitar 16 kilometer dari Desa Bungkukan, Kecamatan Kelumpang, Minggu (11/12/2022). Serpihan tersebut ditemukan warga saat sedang melakukan pengecekan tapal batas desa. 

Kapolres Kotabaru Ajun Komisaris Besar Polisi M Gafur Aditya Harisada Siregar membenarkan adanya penemuan bangkai pesawat tersebut.

"Saat itu kepala desa dan warga sedang mengecek tapal batas desa antara Bungkukan dan Magalau Hulu di tengah hutan," terangnya, saat dikonfirmasi, Jumat (16/12/2022).

1. Bangkai pesawat zaman perang dunia II

Bangkai Pesawat Zaman Perang Dunia II Ditemukan di Hutan Kotabarubadan pesawat jama perang yang ditemukan di Kotabaru, Kalsel (dok. Istimewa)

Gafur menjelaskan, bangkai pesawat tersebut diduga peninggalan zaman perang dunia II, tepatnya pada tahun 1947 saat Indonesia baru merdeka.

Di mana berdasarkan rumor yang berkembang, pesawat itu dikabarkan jatuh pada tahun 1949 di atas gunung.

"Tapi untuk memastikannya akan dilakukan pemeriksaan oleh pihak yang berkompeten di bidangnya," tuturnya.

Baca Juga: Cara Kota Banjarmasin dalam Mencegah Teror dan Radikalisme

2. Masyarakat sudah tahu sejak lama

Bangkai Pesawat Zaman Perang Dunia II Ditemukan di Hutan KotabaruWarga saat melintas di tengah hutan melihat bangkai pesawat jaman perang di Kotabaru, Kalsel (dok. Istimewa)

Namun, rupanya soal keberadaan bangkai pesawat tersebut bukan hal baru bagi masyarakat sekitar. Bahkan pada tahun 2000-an, soal temuan bangkai pesawat tersebut juga telah ditindak lanjuti oleh Bhabinsa Batang Kulur.

"Di sana dia menemukan pistol dan sudah mengamankannya di Mako Kodim 1004 Kotabaru," ucap dia.

Selain itu, lanjutnya, keberadaan serpihan pesawat itu di hutan Kotabaru juga pernah disiarkan oleh tim peliput dari RRI.

3. Temukan beberapa serpihan

Bangkai Pesawat Zaman Perang Dunia II Ditemukan di Hutan KotabaruTabung gas yang ditemukan di lokasi serpihan pesawat zaman perang di Kalsel (dok. Istimewa)

Diketahui bangkai pesawat yang ditemukan berupa sayap pesawat berukuran 3 x 7 meter, badan pesawat, baling-baling, bangkai mesin, dan tabung gas di dalam hutan.

"Karena masyarakat tahu keberadaannya, oleh masyarakat besi bangkai pesawat itu dimanfaatkan untuk dibuat pisau atau parang," bebernya.

Saat ini lokasi penemuan bangkai pesawat tersebut telah diamankan oleh pihak kepolisian dengan memasang garis polisi. Agar besi-besi dari pesawat tersebut tak diambil lagi oleh warga.

Baca Juga: Pertamina Banjarmasin Digeledah Polisi, Barang Disita Mengejutkan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya