Ekosistem Digital Dibalik Ramainya Pelanggan Kedai Kopi Hitam Manis 

Peran Gojek tingkatkan pertumbuhan Kedai Hitam Manis

Balikpapan, IDN Times - Menikmati segelas kopi kini telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat dari berbagai kalangan, mulai anak muda hingga orangtua di Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim).

Sejalan dengan kian tumbuhnya penikmat kopi, kedai kopi atau coffee shop di Balikpapan juga kian menjamur.

Salah satunya adalah, Kedai Kopi Hitam Manis. Setelah sukses dengan kedai pertama dan keduanya yang berlokasi di Kawasan Bonto Bulaeng dan Gunung Malang, kini Kedai Kopi Hitam Manis telah memiliki 17 gerai yang tersebar di Kota Balikpapan.

1. Rahasia Kedai Hitam Manis melebarkan bisnis

Ekosistem Digital Dibalik Ramainya Pelanggan Kedai Kopi Hitam
Manis Inovasi Gofood untuk Bangkitkan UMKM. (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan pencapaian tersebut, Kedai Hitam Manis kemudian mencoba mengepakkan sayapnya hingga ke luar Kota Beriman. Kedai itu pun berkembang dua gerai di Kota Samarinda dan satu gerai di Kabupaten Berau.

Rahasia melebarnya bisnis Kedai Hitam Manis ini tak lepas dari kecekatan pemiliknya untuk memperluas pasar secara digital melalui platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara Gojek.

Kedai kopi ini awalnya tidak berada di lokasi yang strategis, sehingga Denny Christyawan, pemilik kedai Kopi Hitam manis ini memutuskan untuk bergabung menjadi mitra usaha layanan pesan antar makanan GoFood di tahun 2018 untuk memperluas jangkauan pelanggan di Kota Balikpapan.

Baca Juga: Menteri Perdagangan Pantau Distribusi Minyak Goreng di Balikpapan

2. Andalkan cashback khusus untuk menggaet pelanggan

Ekosistem Digital Dibalik Ramainya Pelanggan Kedai Kopi Hitam
Manis Pramusaji Hitam Manis saat membuatkan kopi pelanggan (dok/Gojek Balikpapan)

Selama pandemik kebiasaan masyarakat untuk melakukan pembayaran secara non tunai juga semakin meningkat. Beruntung Kedai Kopi Hitam Manis telah menggunakan GoPay untuk semakin mempermudah transaksi pembayaran.

Ditambah karena GoPay juga selalu memberikan cashback khusus kepada para penggunanya.

“Transaksi jadi lebih cepat, tinggal scan gak perlu hitung uang atau mencari kembalian lagi. Setiap pelanggan datang selalu diinfo oleh kasir saya kalau setiap pembayaran menggunakan GoPay ada cashback nih, kita kasih info ke customer,” ungkap Denny.

3. Semakin dipermudah dengan pembayaran digital

Ekosistem Digital Dibalik Ramainya Pelanggan Kedai Kopi Hitam
Manis Website

Kemudahan pembayaran digital ini juga ia rasakan saat masa pembatasan masyarakat mulai berkurang dan para pelanggannya sudah bisa menikmati kopi di kedainya secara langsung, untuk tetap menjaga protokol kesehatan Denny mengimbau pelanggannya untuk membayar secara non tunai.

“Selama pandemik ada peningkatan karena selama pandemik tidak boleh dine in, dan rata-rata orang menggunakan Gofood untuk order makanan di kedai kami dan itu membantu kami sekali di saat pandemik, dan waktu sudah mulai boleh dine in 50 persen, kami juga menganjurkan pelanggan kami untuk melakukan pembayaran secara cashless menggunakan GoPay untuk mengurangi penyebaran virus dari uang tunai,” jelasnya.

Ekosistem Gojek memiliki semangat untuk mengajak UMKM lokal bisa menjadi juara di negeri sendiri. Dengan memberikan beragam akses, seperti akses digital melalui GoFood dan Gopay.

Tentunya pihak Gojek berharap kisah kuliner lokal yang sukses seperti Kedai Kopi Hitam Manis ini dapat menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM lainnya untuk #BangkitBersama.

Baca Juga: Dishub Balikpapan Atur Jam Antrean  Pengisian Solar Subsidi di SPBU 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya