Hari Kelima, Pencarian 11 Korban KM Teman Niaga yang Tenggelam Nihil

Kendala cuaca buruk di lokasi semakin terasa karena hujan

Balikpapan, IDN Times - Hari kelima pencarian 11 anak buah kapal (ABK) KM Teman Niaga yang tenggelam di Perairan Selat Makassar, masih nihil. Meski pencarian telah diperluas, namun Basarnas tak kunjung menemukan tanda-tanda adanya korban tenggelam di posisi terakhir yang diketahui.

"Jadi saat ini ada empat SRU atau alut (alat utama) yang bergerak yang masing-masing jarak pencariannya 110 NM, tetapi hasilnya masih nihil," ujar Kepala Sub Seksi Operasi Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin Amri Zuna Kurniawan, Selasa (30/8/2022).

1. Pencarian berpusat di selatan Kota Baru

Hari Kelima, Pencarian 11 Korban KM Teman Niaga yang Tenggelam NihilKapal SAR berlabuh saat cuaca buruk mencari 11 korban tenggelam KM Teman Niaga (dok. Istimewa)

Dari empat alut yang dikerahkan, dua kapal pencarian yakni KRI Ular Laut dan KRI Tongkol bertahan di lokasi diduga titik tenggelam para korban dan memasang jangkar di sana.

Sementara itu, diketahui tim SAR berpencar di dua titik. Yang mana seluruhnya berpusat di arah selatan Kota Baru. "Pencarian hari kelima ini ring off-nya 3 SRU berada di rest area selatan Kota Baru. Sedangkan satu RSU di rest area arah tenggara," terang Amri.

Baca Juga: TNI AL Tangkap Kapal Pengangkut 4.100 CPO di Perairan Kaltim

2. Lokasi tenggelam masih belum pasti

Hari Kelima, Pencarian 11 Korban KM Teman Niaga yang Tenggelam NihilTim Basarnas saat lakukan pencarian korban KM Teman Niaga (dok. Istimewa)

Sama seperti hari sebelumnya, pencarian KM Teman Niaga masih terganggu kondisi cuaca buruk. Hujan dan gelombang tinggi membuat aktivitas pencarian cukup menyisir lokasi.

Masalah yang sama juga ada pada titik tenggelam para korban yang masih buram.

"Karena lokasi tenggelam belum pasti, kami memantapkan lagi dengan meminta keterangan para korban selamat. Sebab kami hanya bisa bergantung pada keterangan mereka untuk proses pencarian ke depannya," tuturnya.

3. Kronologis sebelumnya

Hari Kelima, Pencarian 11 Korban KM Teman Niaga yang Tenggelam NihilEmpat korban selamat berada di mes Batulicin (dok. Istimewa)

Sebelumnya, sebuah kapal KM Teman Niaga dikabarkan tenggelam di perairan Selat Makassar pada, Senin (22/8/2022). Kapal bermuatan semen itu tenggelam saat tengah berlayar dari Kotabaru (Tarjun) di Kalimantan Selatan menuju Waikelo.

Ada empat orang korban KM Teman Niaga yang berhasil diselamatkan oleh Kapal Dharma Fery 3 yang sedang berlayar dari Pare-Pare Sulawesi Selatan menuju Batulicin Kalimantan Selatan.

Berdasarkan keterangan salah satu korban selamat, yakni Muhdi Mufazan mengaku kapal yang ditumpangi 15 orang tersebut diterjang ombak tinggi akibat cuaca buruk.

Baca Juga: Polairud Polda Kaltim Ringkus 3 Pelaku Pencurian Tali Kapal Asing 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya