Ini Olahan Khas dan Terkenal dari Lima Provinsi di Kalimantan

Tak perlu mahal sudah bisa menikmati makanan enak ini..

Balikpapan, IDN Times - Pulau Kalimantan atau Borneo, penyebutan secara internasional, merupakan pulau kedua terbesar di Indonesia. Pulau ini cukup terkenal dengan flora, fauna, hingga adat budaya yang masih kental.

Jika jalan-jalan ke Pulau Kalimantan, tak lengkap rasanya jika tak menikmati kuliner-kuliner khas yang tak kalah lezat di wilayah ini.

Banyak sekali olahan makanan yang sangat menggambarkan lima provinsi di pulau ini. Apa saja, simak di bawah ini.

1. Bubur pedas sambas

Ini Olahan Khas dan Terkenal dari Lima Provinsi di KalimantanBubur pedas sambas dari Kalimantan Barat. Foto Instagram pondokfpm

Bubur pedas atau bubbor paddas adalah makanan khas daerah Kalimantan Barat (Kalbar). Makanan ini memiliki cita rasa pedas dan terkenal sebagai kuliner tradisional dari orang Melayu di Sambas dan Serawak.

Bubur ini sendiri terbuat dari beras yang dihaluskan kemudian dimasak dengan daun kesum. Ada juga yang menggunakan kelapa. Selain itu makanan ini dilengkapi dengan topping kacang tanah atau ikan teri goreng.

Sebenarnya untuk rasa, bubur ini tak terlalu pedas. Makanan ini juga disebut sebagai masakan paling murah meriah. Satu porsi bubur ini dibanderol dengan harga Rp10 ribu.

Baca Juga: Sup Ceker Singkong Balikpapan, Ide Menu Sederhana yang Lezat 

2. Soto banjar

Ini Olahan Khas dan Terkenal dari Lima Provinsi di KalimantanIlustrasi soto banjar (instagram.com/noonagoround)

Kita beralih ke Kalimantan Selatan (Kalsel). Di provinsi ini ada satu makanan khas yang sesuai dengan nama daerahnya. Yakni soto banjar. Makanan berkuah ini memiliki aroma harum rempah-rempah yang lembut dan hangat untuk tubuh dari kayu manis, biji pala, dan cengkih. 

Untuk isiannya, soto banjar ini dilengkapi dengan sohun, potongan ayam, telur, dan kentang rebus yang sudah diolah dan digoreng terlebih dahulu.

Kalian bisa menikmati soto banjar ini bersama lontong atau ketupat. Satu porsi soto banjar ini seharga Rp15 ribu hingga Rp20 ribu. 

3. Ayam cincane

Ini Olahan Khas dan Terkenal dari Lima Provinsi di KalimantanAyam cincane yang khas dari Samarinda (Dok.IDN Times/istimewa)

Mungkin makanan ini tidak begitu familier. Tetapi jika ke Kalimantan Timur (Kaltim) kalian bisa menikmati olahan satu ini. Ayam cincane, merupakan olahan khas dari Samarinda. Sebuah olahan makanan berbahan dasar ayam kampung yang dilumuri rempah-rempah.

Meski memiliki daging yang alot, namun ayam kampung yang diolah seperti ini akan memiliki cita rasa yang berbeda dengan daging ayam lainnya. Cara memasaknya pun dengan cara dipanggang.

Untuk menikmati olahan ayam cincane ini cukup merogoh gocek sebesar Rp30 ribu saja.

4. Kepiting soka

Ini Olahan Khas dan Terkenal dari Lima Provinsi di Kalimantanmenu kepiting soka di Tarakan Kalimantan Utara. Foto Instagram adin_zuhri

Siapa yang tidak tahu kepiting soka. Jika ingin menikmati olahan dari kepiting soka ini, para penikmat kuliner bisa mencobanya langsung di daerah asalnya, yakni Kalimantan Utara (Kaltara).

Pastinya sudah tahu jika seafood satu ini bisa diolah berbagai macam rasa sesuai selera. Ada rasa saus tiram, pedas manis, bahkan kepiting soka goreng tepung juga.

Untuk menikmati olahan satu ini bisa siapkan uang sebesar Rp50 ribu seporsi. 

5. Juhu kujang

Ini Olahan Khas dan Terkenal dari Lima Provinsi di KalimantanMenu makanan juhu kujang dari Kalimantan Tengah. Foto Instagram duma_pakpahan

Untuk yang satu ini juga tak kalah enak. Juhu kujang merupakan makanan khas dari Kalimantan Tengah (Kalteng). Makanan ini akrab juga sebagai gulai keladi yang dimasak dengan campuran rempah dan santan. Para penikmat kuliner tak perlu khawatir, karena setelah diolah seperti ini keladi yang menjadi bahan utamanya tak akan menimbulkan rasa gatal.

Sebagai pelengkap, biasanya ikan dan daun nangka muda akan ditambahkan ke dalam juhu kujang ini.

Makanan ini sendiri bisa disebut sebagai sayur. Untuk seporsinya dibanderol dengan harga Rp20 ribu sampai Rp25 ribu. 

Baca Juga: 9 Kosakata Unik Masyarakat di Balikpapan, Ada Sekek dan Kompek!

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya