Tingkat Vaksinasi Pelajar Naik 11 Persen seusai Serbuan Vaksin 

Polda Kaltim komitmen bantu PTM berjalan lancar

Balikpapan, IDN Times - Serbuan vaksinasi pelajar yang digelar Polda Kalimantan Timur (Kaltim) beberapa waktu lalu, berdampak positif bagi tingkat herd immunity. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, dosis 1 vaksinasi pelajar meningkat satu persen, yang semula berjumlah 10 persen menjadi 11,07 persen. 

Hal tersebut disampaikan Kadinkes Provinsi Kaltim Padilah Mante Runa, saat dikonfirmasi tadi, Kamis (28/10/2021).

"Ya memang benar terjadi kenaikan pasca serbuan vaksin. Untuk dosis 2 berada di angka 8,27 persen," ujar Padilah.

1. Membantu proses PTM di Kaltim

Tingkat Vaksinasi Pelajar Naik 11 Persen seusai Serbuan Vaksin Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, dr Padilah Mante Runa (Dok. Humas Pemprov Kaltim/istimewa)

Padilah tak memungkiri, gelaran besar vaksinasi yang dilakukan Polda Kaltim sangat membantu percepatan kenaikan jumlah persentase vaksinasi pelajar di Kaltim. Meski pembelajaran tatap muka (PTM) belum digelar secara penuh, namun dengan langkah ini menunjukkan jika Polri serius membantu upaya pemerintah untuk membentuk kekebalan masyarakat dalam menghadapi pandemik COVID-19 ini.

"Jadi memang tahapan pembelajaran tatap muka belum bisa belum karena belum sampai 75 persen," tuturnya.

Sedangkan, lanjut dia, untuk vaksinasi guru sudah berada pada persentase tertinggi karena para tenaga pendidik tersebut masuk dalam kategori pelayan publik yang mesti didahulukan. Yakni dengan angka 147 persen.

Baca Juga: Polda Kaltim akan Tindak Aksi Penutupan Jalan Tol di Kaltim

2. Capai rekor MURI

Tingkat Vaksinasi Pelajar Naik 11 Persen seusai Serbuan Vaksin Polda Kaltim terima penghargaan Rekor MURI gelar vaksinasi pelajar terbanyak, Selasa (27/10/2021), (IDN Times/Dok. Humas Polda Kaltim)

Sementara itu, vaksinasi yang digelar oleh Akabri 1990 di bawah naungan Polda Kaltim menjadi salah satu program yang berhasil mencetak rekor MURI. Demi mendukung PTM berjalan dengan lancar, Polda Kaltim menyiapkan 21 dosis vaksin untuk pelajar SMP dan SMA di Kaltim.

Sebanyak 9 ribu dosis difokuskan di wilayah Balikpapan, tepatnya di BSCC Domes Balikpapan kemarin, Rabu (27/10/2021).

Vaksinasi pelajar di Balikpapan saja, kata Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak sebelumnya sudah mencapai target 70 persen. Jika ditambah dengan 9 ribu vaksin kemarin, ada kemungkinan telah mendekati 100 persen. 

"Saya terima informasi jika sudah hampir 100 persen. Dan itu tidaklah mudah," tutur jenderal bintang dua tersebut.

3. Program berkelanjutan

Tingkat Vaksinasi Pelajar Naik 11 Persen seusai Serbuan Vaksin Vaksinasi personil Polda Kaltim. (IDN Times/Hilmansyah)

Diketahui, Polda Kaltim sendiri merupakan salah satu instansi yang tak pernah absen dalam membantu pemerintah menjalankan program vaksinasi. Dalam program ini, Polda Kaltim beberapa kali mengadakan serbuan vaksin ke masyarakat, khususnya Balikpapan. 

Selain vaksinasi, program bantuan sosial juga terus digencarkan dalam membantu kebutuhan masyarakat yang terdampak pandemik COVID-19.

Baca Juga: Menkumham Tinjau Imigrasi Balikpapan yang Terapkan Zona Bebas Korupsi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya