Comscore Tracker

Wagub Kaltim: Pembangunan IKN Harus Berikan Kesejahteraan Bagi Warga

Kawal pembangunan dengan ciptakan kamtibmas

Samarinda, IDN Times - Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengharapkan bagaimana agar proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara proses memberikan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya warga daerah penyangga IKN. Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Selain itu, pembangunan IKN harus terus terkoordinasi dengan baik antara pemerintah pusat, otorita, provinsi, kabupaten dan kota, agar tak merasa tertinggal.

"Sehingga pembangunannya bisa dimaksimalkan bagi tenaga kerja lokal, serta memberi manfaat sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Kaltim,” ujarnya, saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) bekerjasama Kepolisian Daerah Kaltim, di Gedung Mahakam Polda Kaltim, Selasa (22/11/2022).

1. Pembangunan IKN juga harus terkoneksi dengan wilayah lainnya di Kaltim

Wagub Kaltim: Pembangunan IKN Harus Berikan Kesejahteraan Bagi WargaKota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Foto dok

Menurut mantan Legislator Karang Paci dan Senayan itu, pembangunan IKN harus interkoneksi dengan 10 daerah di Kaltim. Sehingga semua warga di Kalimantan bisa benar-benar merasakan dampak dari keberadaan IKN tersebut.

“Poin ini yang paling penting, sehingga adanya interkoneksi, maka seluruh kabupaten dan kota di Kaltim merasakan keadilan dan pemerataan pembangunan,” tegasnya.

Baca Juga: Warga Lansia di Balikpapan Bisa Lakukan Penyuntikan Booster Kedua 

2. Kompolnas mengumpulkan data SDM dan sarana prasarana

Wagub Kaltim: Pembangunan IKN Harus Berikan Kesejahteraan Bagi WargaSejumlah pekerja menyelesaikan lahan yang akan menjadi lokasi Presiden Joko Widodo berkemah di titik nol kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Sekretaris Kompolnas Benny Jozua Mamoto yang sebelumnya membuka FGD dalam rangka mendukung pembangunan IKN, mengharapkan FGD dapat mengumpulkan data tentang SDM dan sarana prasarananya.
.
"Kami juga mendengar masukan dari masyarakat, para tokoh masyarakat termasuk menggali informasi, kemudian diskusi utama soal bagaimana situasi Kamtibmas dalam mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara," tuturnya.

3. Polri kerahkan 179 personel jaga kamtibmas di wilayah IKN

Wagub Kaltim: Pembangunan IKN Harus Berikan Kesejahteraan Bagi WargaPersonel Polri yang laksanakan penjagaan dan pengawasan di IKN (dok. Istimewa)

Sebagai pihak yang akan menggerakkan pengelolaan kamtibmas selama proses pembangunan IKN berjalan, Polda Kaltim juga menyatakan kesiapannya.

Bahkan Polda telah mengambil langkah dengan menggelar operasi Kepolisian Nusantara Mahakam 2022, yang melibatkan 179 personel Polri.

"Personel tersebut akan melaksanakan pengamanan pembangunan di sekitar kawasan IKN, termasuk kawasan penyangga IKN," kata Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto, dalam kesempatannya.

Sementara itu, hadir juga dalam kegiatan Pangdam VI Mulawarman, Ketua DPRD Kaltim, Ketua FKUB Kaltim, Ormas, tokoh adat, hingga tokoh masyarakat Kaltim.

Baca Juga: Istri Gugat Cerai, Pria di Samarinda Gantung Diri dengan Anaknya

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya