Anggota DPRD Kaltim Sebut Daerah Terpencil Perlu Pembangunan Sekolah

Salah satu alasannya jumlah penduduk semakin bertambah

Samarinda, IDN Times - Anggota Komisi IV DPRD Kalimantan Timur mendorong pemerintah provinsi memperhatikan pembangunan sejumlah sekolah di kabupaten dan kota di wilayah terpencil. Tujuannya untuk memenuhi daya tampung peserta didik.
 
"Pembangunan sekolah di daerah terluar dan terpencil tidak terakomodir, sehingga perlu mendapat perhatian dari pemerintah," kata Salehuddin seperti diberitakan Antara, di Samarinda, Jumat (26/5/2023).

1. Jumlah penduduk bertambah

Anggota DPRD Kaltim Sebut Daerah Terpencil Perlu Pembangunan SekolahJumlah Penduduk Menurut Provinsi (sumber: Badan Pusat Statistik)

Ia mengatakan, bertambahnya jumlah penduduk dan masif pembangunan sekolah negeri maupun swasta di wilayah perkotaan, tidak diimbangi dengan pembangunan di wilayah terpencil.
 
Tak hanya itu, katanya, pembangunan sekolah jenjang SMA/SMK yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Kaltim juga perlu dilakukan di sejumlah kabupaten/kota. Sebab, ketersediaan daya tampung SMA/SMK yang tak sebanding dengan banyaknya peserta didik yang lulus jenjang SMP.

Baca Juga: Pemda Penajam Bangun Gedung Perkantoran dengan Anggaran Rp41,4 Miliar

2. Pilihan terbatas

Anggota DPRD Kaltim Sebut Daerah Terpencil Perlu Pembangunan SekolahIlustrasi (ANTARA FOTO/Jojon)

Selain itu, keterbatasan pilihan juga dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah terluar dan terpencil. Berbeda halnya dengan kondisi atau jumlah sekolah yang ada di wilayah pusat kota/kabupaten.
 
"Dukungan tentu diprioritaskan pada (pembangunan) sekolah yang ada di daerah-daerah terpencil dan terluar, karena pilihan alternatif sekolah yang terbatas," tuturnya.
 
Menurutnya, kalau sekolah di sekitar pusat kota dan kabupaten, pilihan alternatif sekolah tentu sudah banyak, jumlah sekolah negeri dan swasta  sudah memadai.

3. Bantuan operasional dari daerah

Anggota DPRD Kaltim Sebut Daerah Terpencil Perlu Pembangunan Sekolahilustrasi transaksi uang (IDN Times/Aditya Pratama)

Salehuddin mengungkapkan, dalam pelaksanaan program pembangunan sekolah-sekolah, pemerintah provinsi perlu memberikan dukungan. Apalagi implementasi kurikulum merdeka juga memerlukan dukungan yang memadai.
 
"Besaran Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) juga yang perlu ditingkatkan untuk mendukung hal tersebut," ujar Salehuddin. 

Baca Juga: Jemaah Haji Samarinda akan Berangkat Lewat Embarkasi Balikpapan

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya