Bangun Pasar Maridan, Pemkab Penajam Siapkan Anggaran Rp300 Juta

Usahakan pembebasan lahan segera tuntas

Penajam, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menyiapkan dana sekitar Rp300 juta yang berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 untuk pembangunan Pasar Maridan di Kecamatan Sepaku.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Kukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara Saidin mengatakan bahwa anggaran yang disiapklan untuk membangun puluhan kios semi permanen pada Pasar Maridan di lokasi baru. Proses lelang direncanakan paling lambat pada September 2023, sehingga Pasar Maridan dapat selesai pada akhir tahun.

1. Pasar terbakar pada November 2022

Bangun Pasar Maridan, Pemkab Penajam Siapkan Anggaran Rp300 Jutailustrasi kebakaran pasar. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Puluhan kios Pasar Maridan yang berada di lahan Hak Guna Usaha (HGU) PT International Timber Corporation In Indonesia Kartika Utama (ITCIKU) hangus terbakar pada peristiwa kebakaran yang terjadi November 2022.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan pemindahan terhadap Pasar Maridan tersebut, dan saat ini lahan sebagai lokasi baru pasar masih dalam proses pembebasan.

"Pembebasan lahan untuk lokasi baru Pasar Maridan masuk dalam tahap penyelesaian," katanya seperti dikutip dari Antara pada Kamis (24/8/2023).

Baca Juga: Sambut IKN, ASDP Lakukan Pembenahan Pelabuhan Penajam

2. Pembebasan lahan

Bangun Pasar Maridan, Pemkab Penajam Siapkan Anggaran Rp300 Jutailustrasi uang rupiah (bprdbl.co.id)

Pembebasan lahan sebagai lokasi baru Pasar Maridan dilakukan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkim) Kabupaten Penajam Paser Utara.

Setelah pembebasan lahan rampung, Pasar Maridan bakal segera dibangun. Pembangunannya akan ditangani oleh Dinas Kukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara.

3. Pembangunan bisa ditunda jika persoalan lahan belum tuntas

Bangun Pasar Maridan, Pemkab Penajam Siapkan Anggaran Rp300 JutaIlustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Hingga kini masih menunggu Dinas Perkim menyangkut pembebasan lahan lokasi baru Pasar Maridan. Jika sampai akhir September 2023 pembebasan lahan belum selesai pembangunan, pasar tidak dapat direalisasikan pada tahun ini.

"Apabila sampai akhir September 2023 pembebasan lahan belum selesai, waktu pembangunan tidak akan mencukupi karena harus melalui proses lelang terlebih dahulu," tambahnya.

Dinas Kukmperindag belum dapat segera melakukan pembangunan pasar di Kelurahan Maridan, Kecamatan Sepaku itu, menunggu penyelesaian pembebasan lahan untuk lokasi.

Baca Juga: Antisipasi El Nino, Pemkab Penajam Tambah Stok Pangan

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya