DPRD Kaltim Segera Usulkan Tiga Nama Calon Penjabat Gubernur

Sudah ada lima nama yang diusulkan oleh semua fraksi

Samarinda, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) segera mengusulkan tiga nama calon penjabat (Pj) Gubernur Kaltim kepada pemerintah pusat. Usulan ini dijadwalkan pada Jumat (8/9/2023).
 
"Saat ini masih ada lima nama,yakni Alimuddin, Kamaluddin Amin, Akmal Malik, Sri Wahyuni, dan Abdunnur," kata Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas'ud seperti diberitakan Antara pada Kamis (7/9/2023).
 
Ia mengatakan, lima nama tersebut diurutkan berdasarkan hasil rapat internal pimpinan dan fraksi-fraksi di Surabaya, pada Selasa (5/9/2023) lalu.

1. Setiap fraksi ajukan usulan nama

DPRD Kaltim Segera Usulkan Tiga Nama Calon Penjabat Gubernurilustrasi berkas-berkas (Unsplash.com/Cytonn Photography)

Menurutnya, setelah dilakukan Rapat Pimpinan (rapim) di Surabaya, jadi amanat regulasinya sesuai dengan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016. DPRD Kaltim melalui ketua boleh mengusulkan paling tidak tiga nama.
 
Ia menjelaskan, setiap fraksi sudah mengajukan tiga nama calon Pj gubernur, sehingga terkumpul 24 nama. Dari 24 nama tersebut, dipilih lima nama yang memiliki skor tertinggi berdasarkan kriteria fungsional dan struktural.
 
“Kami unsur pimpinan sudah sepakat dengan delapan ketua fraksi  untuk mengakomodir tiga orang setiap fraksi, sehingga muncul  24 nama, dari 24 nama itu dikerucutkan menjadi lima orang,” katanya.

Baca Juga: Sleep Call Roadshow ke Pontianak, Fajar Beberkan Sifat Rachel Vennya

2. Ditentukan Mendagri

DPRD Kaltim Segera Usulkan Tiga Nama Calon Penjabat GubernurMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat (5/9/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hasanuddin menambahkan, DPRD Kaltim hanya mengantar usulan nama-nama tersebut ke pemerintah pusat. Sementara otoritas penentuan calon Pj Gubernur ada di tangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Presiden.
 
Ia berharap, tiga nama yang diusulkan DPRD Kaltim bisa merepresentasikan aspirasi rakyat Kaltim dan tidak ada perbedaan antara yang diusulkan dengan yang ditunjuk.
 
“Kita menginginkan yang kita rekomendasikan ini merupakan representasi dari rakyat Kaltim,” ungkapnya.

3. Rapim tentukan tiga nama

DPRD Kaltim Segera Usulkan Tiga Nama Calon Penjabat GubernurIlustrasi berkas proposal (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Ia berharap proses penunjukan calon Pj Gubernur Kaltim bisa selesai secepatnya. Sehingga pengajuannya juga bisa lebih cepat.
 
“Jadi kami menggelar rapim (rapat pimpinan) lagi, kemungkinan sampai malam hari untuk menentukan tiga nama yang akan dikirim besok,” tegas Hasanuddin.

Baca Juga: Wali Kota Samarinda Tidak Memikirkan soal Pilgub Kaltim 2024

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya