Karhutla Hanguskan 8 Hektare Lahan UIN Antasari di Kalimantan Selatan

Tim gabungan langsung bergerak padamkan api

Banjarmasin, IDN Times - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menghanguskan lahan seluas delapan hektare lebih di area Kampus II Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Karhutla melanda dua wilayah area sekitar kampus negeri tersebut yang berjarak sekitar puluhan meter melahap lima hektare lebih. Sedangkan titik api berikutnya berjarak sekitar 300 meter dari UIN Antasari yang menghanguskan kurang lebih tiga hektare.

“Tim gabungan membutuhkan waktu sekitar tiga jam memadamkan karhutla area Kampus UIN Antasari,” kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Mansyah di Banjarbaru seperti dikutip dari Antara pada Kamis (27/7/2023).

1. Personel gabungan berusaha padamkan api

Karhutla Hanguskan 8 Hektare Lahan UIN Antasari di Kalimantan SelatanIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Mansyah menyebutkan personel menerima informasi titik api sekitar pukul 16.00 Wita pada Rabu (26/7/2023). Tim bergerak menuju lokasi yang beralamat di Kelurahan Landasan Ulin Tengah, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru.

Personel gabungan berjumlah sekitar 30 orang di antaranya BPBD Kalsel, BPBD Banjarbaru, Manggala Agni, Relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK), TNI dan Polri.

Dia menuturkan tim mengalami beberapa kendala di lapangan akibat titik air cukup jauh dari lokasi kebakaran, namun personel memastikan titik api sudah padam sekitar pukul 20.30 Wita.

Baca Juga: Kota Banjarmasin Raih Penghargaan Kota Layak Anak

2. Lahan semi gambut

Karhutla Hanguskan 8 Hektare Lahan UIN Antasari di Kalimantan Selatanilustrasi kebakaran hutan (pexels.com/Vladyslav Dukhin)

Ia mengungkapkan titik karhutla merupakan lahan semi gambut, tim menggunakan sebanyak delapan selang air untuk memadamkan kobaran api.

Sementara itu, Petugas Lapangan BPBD Kalsel Ilham Ramadhan menyebutkan timnya sudah melakukan pemadaman dilokasi pada siang hari tadi, personel meninggalkan lokasi karena titik api sudah padam.

“Ternyata api menyala kembali sekitar jam empat sore, ada dua titik kejadian sekaligus,” ucap Ilham.

3. Kondisi sudah terkendali

Karhutla Hanguskan 8 Hektare Lahan UIN Antasari di Kalimantan SelatanIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Dia mengatakan tim lapangan berjibaku berpindah lokasi pada dua wilayah karhutla yang menghanguskan lahan salah satu kampus negeri tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Relawan dari BPK Rauhan menyatakan kondisi api sudah terkendali. Mereka berharap kejadian serupa tak terjadi lagi. Warga juga diimbau untuk berhati-hati saat menggunakan api, apalagi di tempat yang kering dan rawan terbakar.

Baca Juga: Manusia Silver di Banjarmasin Dapat hingga Rp500 Ribu per Hari

Yerin Shin Photo Community Writer Yerin Shin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya