Comscore Tracker

10 Suvenir Khas Samarinda yang Keren

Oleh-oleh bagi untuk para traveler

Samarinda, IDN Times - Bagi anda para penggemar travelling tidak ada salahnya membeli 10 suvenir khas Samarinda di Kalimantan Timur (Kaltim). Artikel ini akan membantu merekomendasikan beberapa jenis buah tangan alias suvenir khas daerah Samarinda.

Apalagi bagi kalian para traveler yang kebetulan sedang melancong di Samarinda berada di ibu kota Provinsi Kaltim. 

1. Sarung khas Samarinda

10 Suvenir Khas Samarinda yang KerenProses pembuatan Sarung Samarinda di Kampung Wisata Samarinda Seberang (IDN Times/istimewa)

Selain kekayaan alamnya, Samarinda terkenal dengan kerajinan sarungnya yang kualitasnya juara. Sarung khas Samarinda ini istimewa karena proses pembuatannya masih sangat tradisional alias dikerjakan tanpa mesin. 

Selain itu, hasil motifnya juga terkenal dan beberapa di antaranya menjadi favorit. Nah, jadi Ketika ada kesempatan pergi jalan-jalan ke Samarinda jangan lupa mampir ya untuk membeli sarung khas masyarakat setempat. 

2. Aneka patung Lembuswana

10 Suvenir Khas Samarinda yang Kerendreamstime.com

Provinsi Kaltim dahulunya terkenal sekali terdapat satu kerajaan yaitu Kutai. Nah, simbol dari Kerajaan Kutai ini dilambangkan dengan seekor hewan yang bernama Lembuswana. 

Lembuswana ini menjadi lambang Kerajaan Kutai hingga masa Kesultanan Kutai Kartanegara. Karena nilai historis tersebut Lembuswana kini dibuat dalam patung-patung bahkan miniatur patung, agar setiap orang bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh. Penasaran bagaimana bentuknya? Anda bisa mendapatkannya dengan membeli miniatur patung Lembuswana.

3. Beragam kerajinan manik-manik

10 Suvenir Khas Samarinda yang Kerentripadvisor.co.id

Samarinda terkenal juga dengan kerajinan manik-maniknya, perbedaan hasil kerajinan manik-manik khas Samarinda ini terletak pada corak motif khas yang dihasilkan hanya bisa ditemukan di Kaltim saja. 

Kerajinan manik-manik ini disajikan dalam berbagai bentuk produk kerajinan seperti wadah, taplak meja, tas, gelang, kalung, dan masih banyak lagi. 

Bagaimana, menarik bukan? karena keunikanya manik-manik menjadi salah satu kerajinan khas Kaltim terutama Samarinda. Keunikan tersebut yang membuat para traveler tertarik berkunjung ke sana.

4. Miniatur alat musik sapek

10 Suvenir Khas Samarinda yang KerenAlat musik tradisional Sapek (www.infobudaya.com)

Sapek merupakan salah satu nama alat musik tradisional khas Kaltim. Bagi pelancong tentunya alat musik ini sedikit asing namun, untuk melihat secara detail bentuknya pelancong bisa membeli miniaturnya saja tanpa harus mendapatkan alat musik sapek yang asli. 

Mengingat harga alat musik aslinya mungkin berjuta-juta, untuk menghemat bujet anda bisa membeli miniaturnya saja selain terjangkau cukup fleksibel juga untuk dibawa ke kampung halaman.

5. Miniatur rumah tradisional adat Kaltim

Kaltim memang kaya akan kerajinan dan produk lokalnya karena nilai seni dan tradisi suku asli di sana masih sangat dilestarikan. Mulai dari rumah adatnya, tari-tarian, senjata khasnya. 

Nah, oleh-oleh selanjutnya yaitu miniatur rumah adat Kaltim sudah tersedia juga loh. Ada yang tau namanya? Ya, benar sekali namanya lamin. Bayangkan sampai, anda bisa mendapatkannya di toko penjual oleh-oleh di Samarinda.

Baca Juga: 6 Tempat Ngopi di Samarinda

6. Perisai

10 Suvenir Khas Samarinda yang Kerenhttps://www.borneotoday.net/wp-content/uploads/2017/03/dayak-kali.jpg

Perisai khas daerah Samarinda ini terbuat dari bahan kayu yang tidak mudah dipecahkan. Sangat unik ya biasanya penangkis dibuat dari baja namun, di Samarinda terbuat dari bahan kayu yang diberi hiasan ukiran. 

Penangkis ini sekarang bukan untuk bertempur ya tetapi untuk suvenir dalam bentuk mini yang bisa anda beli di toko kerajinan. 

7. Kaos lokal buatan Samarinda

Selain kerajinan tangan, Samarinda juga banyak terdapat pengrajin kaos distro bertemakan Kaltim. Beberapa brand terkenal seperti Aemtobe dan Ngeramput wajib menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang direkomendasikan.

Kaos ini bertemakan ikon khas Samarinda, bagaimana tertarik memiliki kaos lokal produk Samarinda?

8. Kain Ulap Doyo

Suku Dayak mempunyai kerajinan tangan yang masih asli tradisional dalam pengerjaannya yaitu ulap doyo. Doyo tersebut diambil dari suatu tanaman yang tumbuh subur di daerah Tanjung Isuy. Setelah diperoleh, kemudian doyo ini dijadikan kain dengan serat daunnya.

Saat ini ulop doyo tidak hanya dijadikan kain melainkan beberapa produk lain seperti kopiah, tas, baju, dompet hiasan dan lain-lain.

9. Seraung

10 Suvenir Khas Samarinda yang KerenTopi seraung (indonesiakaya.com/istimewa)

Seraung merupakan kerajinan topi khas Suku Dayak di Kalimantan. Topi ini biasa dipakai warga lokal ketika pergi ke ladang saat matahari terik siang hari, perbedaan Seraung dengan topi umumnya adalah motifnya dan bentuk yang bervariasi membuat fungsinya kadang ada yang difungsikan untuk hiasan saja.

10. Kerajinan anjat

10 Suvenir Khas Samarinda yang KerenInstagram.com/dewisinta.handcraft

Anjat sebuah kerajinan tangan terbuat dari rotan yang dianyam, biasanya dijadikan  wadah seperti tas untuk menaruh barang saat pergi. Bedanya jumlah talinya bisa 2 atau 3. Anjat ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Bagaimana tertarik dengan rekomendasi 10 suvenir khas Samarinda dalam artikel ini? Semoga referensi rekomendasi ini bermanfaat sebagai opsi bagi anda yang akan berkunjung ke Samarinda.

Jangan lupa untuk membeli produk suvenir lokal sendiri ya.

Baca Juga: 10 Tempat Indekos Murah di Samarinda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya