Profil Wakil Bupati Berau H Gamalis

Lahir dan besar di Tanjung Redeb

H. Gamalis, S.E merupakan Wakil Bupati Berau periode 2001-2023. Dia lahir di Tanjung Redeb pada 11 November 1966. Saat ini dia berumur 55 tahun. Dia telah ditetapkan menjadi Wakil Bupati Berau mendampingi Hj Sri Juniarsih sebagai Bupati Berau berdasarkan rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum pada Jumat 22 Januari 2021.  Keduanya diusung oleh partai PKS, PPP, Demokrat dan PAN. Total suara yang didapatkan oleh pasangan ini adalah 63. 675 suara.

Gamalis bersama Sri Juniarsih berkomitmen untuk terus berupaya memberikan inovasi terbaiknya demi kemajuan Berau. Berdasarkan visi dan misi yang sedang mereka jalankan, harapannya dapat meningkatkan taraf hidup warga Berau.

1. Pendidikan

Profil Wakil Bupati Berau H GamalisIlustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia pernah mengenyam pendidikan dasar di SDN 1 Tanjung Redeb  dan lulus pada tahun 1981. Kemudian melanjutkan ke pendidikan menengah pertama di SLTPN 2 Tanjung Redeb dan lulus tahun 1984. Dia kemudian melanjutkan ke SMA Islam Kota Malang dan lulus tahun 1987. Gamalis melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Negeri Malang dan diwisuda pada tahun 1992.

2. Karier

Profil Wakil Bupati Berau H Gamalisilustrasi pria mengenakan setelan jas (pexels.com/Anthony Shkraba)

Sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati Berau, Gamalis pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan di DPRD Provinsi Kalimantan Timur pada 2009 sampai dengan 2014. Kemudian pada tahun 2014 – 2019, dia  juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan di DPRD Provinsi Kalimantan Timur kembali. 

Gamalis mempersunting Hj. Sri Aslinda Sulaiman dan memiliki empat orang anak. Bersama istrinya, Gamalis berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi warga Berau. Mereka juga aktif dalam berbagai kegiatan di tengah masyarakat.

3. Tentang Kabupaten Berau

Profil Wakil Bupati Berau H GamalisIlustrasi Peta Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Kabupaten Berau adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur. Ibu kota Kabupaten ini terletak di Tanjung Redeb, Berau. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 34.127,47. km² terdiri dari daratan seluas 22.030,81 km² dan luas laut 12.299,88 km² serta terdiri dari 52 pulau besar dan kecil dengan 13 Kecamatan, 10 Kelurahan, 96 Kampung/ Desa, dan jumlah penduduk berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2011 sebesar 191.807 jiwa.

Penetapan Kota Tanjung Redeb sebagai pusat pemerintahan Dati II Kabupaten Berau adalah untuk mengenang pemerintahan Kerajaan (Kesultanan) di Berau. Di mana pada tahun 1810 Sultan Alimuddin (Raja Alam) memindahkan pusat pemerintahannya ke Kampung Gayam yang sekarang dikenal dengan nama Kampung Bugis. Perpindahan ke Kampung Bugis pada tanggal 25 September tahun 1810 itu menjadi cikal bakal berdirinya Kota Tanjung Redeb, yaitu kemudian dibadikan sebagai Hari jadi Kota Tanjung Redeb sebagaimana diterapkan dalam Perda No. 3 tanggal 2 April 1992

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Bupati Berau Sri Juniarsih

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya