Comscore Tracker

Ancaman COVID-19 di Kaltara, Pupuk Kaltim Kirim Ratusan Tabung Oksigen

Masih kesulitan distribusi ke daerah pedalaman

Balikpapan, IDN Times - Pandemik COVID-19 Kalimantan Utara (Kaltara) belum menunjukkan tanda-tanda membaik. Pasien terpapar virus tercatat sebanyak 5.655 kasus tersebar di lima kota/kabupaten setempat. 

Alhasil, banyak perusahan memiliki wilayah kerja di Kaltara turut membantu mendonasikan oksigen medis. Salah satunya adalah PT Pupuk Kaltim dengan membantu mengirimkan 7 ton oksigen medis atau setara dengan 1.000 tabung oksigen.

Bantuan 7 ton oksigen medis ini pun diserahkan secara langsung oleh Sekertaris Perusahaan PT Pupuk KaltimTeguh Ismartono kepada Gubernur KaltaraZainal Arifin Paliwang.

“Bantuan oksigen medis ini akan kita salurkan sejumlah rumah sakit di Kaltara, yang membutuhkan oksigen salah satunya di Kabupaten Bulungan,” katannya, Senin (2/8/2021). 

1. Swasta diminta pro aktif membantu di masa pandemik

Ancaman COVID-19 di Kaltara, Pupuk Kaltim Kirim Ratusan Tabung OksigenSeorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Zainal mengatakan, bantuan dari Pupuk Kaltim diharapkan mampu memotivasi perusahaan lain untuk melakukan langkah sama. Membantu meringankan beban masyarakat selama pandemik COVID-19. 

Menurut Zainal, pihak swasta tidak perlu menunggu permintaan resmi dari pemerintah daerah untuk ikut berperan dalam pandemik ini. Meskipun pemerintah daerah pun tetap berupaya menyurat swasta agar turut berkontribusi.  

Lebih lanjut, Zainal mengapresiasi kepedulian Pupuk Kaltim dan pihak swasta lain sudah membantu penanganan pandemik COVID-19. Ia mencatat dua perusahaan sudah menyalurkan bantuan, yakni Pupuk Kaltim membantu 1.000 tabung oksigen dan CV Kabalen Jaya Sebatik membantu 100 tabung oksigen untuk warga Nunukan. 

Baca Juga: Pandemik COVID-19 Makin Meningkat di Perbatasan Kaltara 

2. Kesulitan mengirimkan ke daerah pedalaman

Ancaman COVID-19 di Kaltara, Pupuk Kaltim Kirim Ratusan Tabung Oksigen

Bantuan tabung oksigen ini rencananya akan didistribusikan ke sejumlah fasilitas kesehatan membutuhkan. Sementara ini, distribusinya hanya diprioritaskan pada rumah-rumah sakit mampu dijangkau akses transportasi darat maupun sungai. 

Sedangkan rumah sakit di perbatasan, kata Zainal cukup sulit dijangkau mempergunakan akses transportasi darat dan sungai. Akses satu-satunya menjangkau lokasi perbatasan hanya dengan mempergunakan transportasi udara. 

Permasalahannya, tabung oksigen terlalu berat untuk dinaikkan menumpang pesawat. 

“Masalahnya kita masih terkendala akses transfortasi, kan masih ada daerah pedalaman yang hanya bisa dijangkau pesawat sedangkan tabung oksigen tidak bisa diangkut pakai pesawat, jadi sementara waktu oksigen ini kita optimalkan di rumah sakit terdekat sambil mencari solusi yang terbaik,” tegasnya.

3. Pengiriman tabung secara bertahap

Ancaman COVID-19 di Kaltara, Pupuk Kaltim Kirim Ratusan Tabung OksigenIlustrasi tabung oksigen medis (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar).

Sekretaris Perusahaan PT Pupuk Kaltim Teguh Ismartono mengatakan, bantuan perusahaan akan didistribusikan secara bertahap ke Kaltara. Bantuan sebagai wujud kepedulian terhadap pasien COVID-19 menjalani perawatan di rumah sakit Kaltara.

"Semoga pandemik segera berakhir di Kaltara dan tempat lainnya," ujarnya.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 Memanas di Kaltara, Gubernur pun Ikut Terpapar

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya