Arus Mudik Lancar dari Pelabuhan Samarinda dan Balikpapan      

Pantauan arus mudik dua hari terakhir

Samarinda, IDN Times - Direktur Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kapten Budi Mantoro, mengumumkan hasil pemantauan selama dua hari terakhir (Sabtu dan Minggu) menunjukkan arus mudik dari dua pelabuhan di Kalimantan Timur (Kaltim) berjalan lancar.

"Arus mudik dari Pelabuhan Samarinda hari ini terpantau normal dengan jumlah penumpang mencapai 1.692 orang. Begitu pula dengan Pelabuhan Balikpapan kemarin, jumlah penumpang sekitar 1.400 orang dan semuanya dalam kondisi normal," kata Budi Mantoro dilaporkan Antara di Pelabuhan Samarinda, Minggu (7/4/2024).

1. Arus mudik dari Pelabuhan Samarinda

Arus Mudik Lancar dari Pelabuhan Samarinda dan Balikpapan      Ilustrasi mudik menggunakan kapal di Dermaga Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Tradisionalnya, menjelang Hari Raya Idul Fitri, arus mudik dari Pelabuhan Samarinda menuju Parepare, Sulawesi Selatan, kerap padat, bahkan tahun lalu terjadi kepadatan sampai penumpukan di pintu masuk.

Namun, kali ini terpantau normal karena warga yang akan mudik ke Parepare tidak semua berada di Pelabuhan Samarinda, sebagian besar melalui Pelabuhan Balikpapan. Hal ini membuat beban terbagi, meski kapal penumpang yang berangkat memiliki kapasitas hingga 1.800 orang.

"Jumlah penumpang dari Samarinda hari ini normal karena mudik ke Parepare sudah terbagi, kemarin sekitar 1.400 penumpang khusus ke Parepare, sehingga tidak semua menumpuk di sini (Pelabuhan Samarinda)," tambahnya.

Baca Juga: Penumpang di Terminal Terpadu Samarinda Melonjak 300 Persen 

2. Pelabuhan Samarinda sebagai rute utama tongkang batu bara

Arus Mudik Lancar dari Pelabuhan Samarinda dan Balikpapan      PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Timur Utara (Kaltimra) memberangkatkan pemudik dalam Program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Minggu (7/4/2024). (Sri.Wibisono/IDN Times)

Di Pelabuhan Samarinda, jalur yang dilewati oleh kapal penumpang adalah jalur sungai, khususnya Sungai Mahakam yang menjadi rute utama bagi tongkang pengangkut batu bara.

Oleh karena itu, kewaspadaan ekstra diperlukan untuk menghindari tabrakan dengan tongkang yang menggunakan jalur yang sama.

3. Penataan ulang KSOP Kelas I Samarinda

Arus Mudik Lancar dari Pelabuhan Samarinda dan Balikpapan      PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Kalimantan Timur Utara (Kaltimra) memberangkatkan pemudik dalam Program Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Minggu (7/4/2024). (Sri.Wibisono/IDN Times)

Budi Mantoro juga mengusulkan penataan ulang oleh Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Samarinda tahun depan, terutama di terminal dan embarkasi pelabuhan, untuk memisahkan antara calon penumpang dan pengantar.

Hari Minggu ini, KSOP Kelas I Samarinda tidak hanya mengirimkan 1.692 penumpang mudik ke Parepare menggunakan KM Prince Soya, tetapi juga menerima kedatangan 345 penumpang dari Parepare menggunakan KM Queen Soya. Selanjutnya, KM Queen Soya akan kembali mengangkut pemudik ke Parepare pada Senin (8/4/2024).

Baca Juga: Bandara Samarinda Tambah Penerbangan untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya