Comscore Tracker

Awas! Cuaca Ekstrem Mengancam di Balikpapan 

Masyarakat diminta untuk waspada

Balikpapan, IDN Times - Angin kencang disertai hujan lebat dan gelombang tinggi diramalkan mengancam Kota Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) beberapa waktu ke depan. Hal itu diungkapkan Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan Balikpapan Erika Mardiyanti mengingat adanya tropical caylon menerpa Samudra Hindia. 

"Kami khawatirkan di sini adalah ekornya. Kalau dia sudah menjauh dampak ekornya larinya ke angin kencang dan hujan lebat. Kenapa di Balikpapan agak panas karena uap airnya tertarik ke sana daerah Tropical Cyclone tersebut," papar Erika.

1. Ancaman situasi alam yang tidak menentu

Awas! Cuaca Ekstrem Mengancam di Balikpapan Petugas berupaya memperbaiki tiang listrik di Makassar yang tumbang akibat cuaca ekstrem, Jumat (2/4/2021). Dok.PLN Sulselbar

Erika mengatakan, potensi tropical cyclone menjauh dari wilayah Indonesia. Tetapi di sisi lain, menurutnya punah potensi badai ini memerlukan waktu cukup lama. 

Untuk saat kata dia saat masih dalam proses tumbuh hanya saja memang agak menjauh.

Sehubungan itu, Erika meminta masyarakat di Balikpapan agar mewaspadai kondisi situasi alam yang tidak menentu. Ia menyoroti potensi ancaman gelombang laut bisa mengancam masyarakat di pesisir pantai. 

Meski masih cenderung aman, namun perlu tetap diantisipasi.

"Dan untuk angin puting beliung itu karena penguapan yang tinggi perlu diantisipasi juga, termasuk dengan longsor dan banjir," bebernya.

Baca Juga: Akhir Tahun, Serapan Proyek Fisik Balikpapan Diyakini 100 Persen

2. Perlu kewaspadaan dari seluruh masyarakat

Awas! Cuaca Ekstrem Mengancam di Balikpapan Banjir di permukiman warga Kelurahan Margasari Balikpapan Kalimantan Timur. (IDN Times/Hilmansyah)

Masyarakat Balikpapan pun diminta memantau informasi akan disampaikan BMKG sehubungan situasi alam ini. Hal ini dikarenakan pergerakan kondisi cuaca itu tidak ada batas ruang dan waktu.

Itu ada jangka panjang dan jangka pendek. Jangka panjang itu tahunan musiman dan bulanan sedangkan prakiraan jangka pendek sendiri ada mingguan harian hingga pada posisi jam.

“Kenapa pada akhirnya kami memberikan informasi jangka dan beberapa hari karena kami dari BMKG harus mengapdate setiap hari. Kalau di Balikpapan ini lebih ke dominan lokal. Karena memang dekat dengan pantai dan laut," paparnya. 

Kalau di Balikpapan ini yang dikhawatirkan jika terjadi gempa di daerah Sulawesi karena Kalimantan berdampak langsung dengan wilayah Balikpapan.

3. Ancaman gempa bumi

Awas! Cuaca Ekstrem Mengancam di Balikpapan google

Sampai akhir ini Balikpapan belum bisa dikatakan aman dari gempa. Hanya saja terjadi beberapa gempa yang di Balikpapan. Namun masih di bawah 5 skala ricther (tetonik).

"Mudah-mudahan saja prediksi yang kami buat tentunya besar harapan diantisipasi dan memitigasi kejadian tersebut tentunya. Meski kami tidak mengharapkan adanya bencana," pungkasnya. 

Baca Juga: Sosialisasi Bahaya Narkoba bagi Remaja Kariangau di Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya