Bandara Samarinda Tambah Penerbangan untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik

Empat penerbangan tambahan arus mudik

Samarinda, IDN Times - Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik lebaran, Pengelola Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur, telah menambahkan empat penerbangan tambahan (extra flight).

Kepala Seksi Teknik dan Operasi UPBU Kelas I APT Pranoto Dwi Muji mengatakan, penambahan penerbangan tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada puncak arus mudik Lebaran.

"Kami bersyukur tahun ini dapat menambah empat extra flight, dua ke Surabaya dan dua ke Jakarta," ujar Muji diberitakan Antara. 

1. Prediksi arus mudik di Bandara APT Pranoto

Bandara Samarinda Tambah Penerbangan untuk Antisipasi Lonjakan Pemudikilustrasi petugas bandara (pexels.com/PhotoMIX Company)

Menurut Muji, penambahan ini dilakukan berdasarkan prediksi lonjakan arus mudik yang mencapai 22 persen di Kalimantan Timur.

"Kami mencatat peningkatan armada sebesar 30 persen, sementara jumlah penumpang yang sudah tercatat mencapai 20 persen dari total penumpang tahun 2023," tambahnya.

Muji juga menjelaskan bahwa telah ada penambahan titik di area check-in counter untuk mendistribusikan penumpang secara lebih merata, serta mendorong penumpang untuk melakukan check-in secara online untuk mengurangi kepadatan di terminal bandara.

Baca Juga: Polresta Samarinda Gagalkan Transaksi Sabu Seberat Setengah Kg 

2. Penambahan fasilitas di Bandara APT Pranoto

Bandara Samarinda Tambah Penerbangan untuk Antisipasi Lonjakan PemudikPemberangkatan Mudik Gratis di depan Kantor Dishub Jatim. IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Selain itu, untuk memastikan kelancaran operasional, otoritas bandara telah meningkatkan fasilitas, kesiapan personel, dan menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur).

"Kami telah menjalin kerja sama dengan pihak terkait, seperti TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Meteorologi, dan mitra lainnya, untuk memastikan perjalanan berjalan lancar dan aman," jelasnya.

3. Tambahan dua unit garbarata

Bandara Samarinda Tambah Penerbangan untuk Antisipasi Lonjakan PemudikPesawat di Bandara Raden Inten II. (IDN Times/Rohmah Mustaurida)

Muji juga menambahkan bahwa ada penambahan dua unit garbarata untuk memudahkan akses penumpang dari ruang tunggu ke pesawat.

"Serta ada penambahan layanan khusus untuk arus mudik, yaitu penambahan extra flight ke Surabaya yang berangkat pada jam 19.30 Wita, sehingga memungkinkan masyarakat yang masih bekerja untuk berangkat di sore hari atau malam," tambahnya.

Baca Juga: Penumpang di Terminal Terpadu Samarinda Melonjak 300 Persen 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya