Bapenda Kaltim Optimis Capai Target Pendapatan Daerah Rp10,8 Triliun

Pencapaian realisasi 76,62 triliun

Samarinda, IDN Times - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kalimantan Timur (Kaltim) optimis mencapai target pendapatan daerah sebesar Rp10,8 triliun. Hingga saat ini, realisasi pencapaian pendapatan daerah sudah mencapai Rp8,3 triliun atau 76,62 persen dari total target.

Realisasinya masih kurang Rp2,5 triliun.

“Jadi kalau persentase sudah mencapai 76,62 persen, tapi kalau kita lihat dari capaian ini yang berkontribusi terhadap pendapatan daerah ini adalah dari komponen PAD yang kita ditargetkan Rp6,5 triliun, dan realisasinya Rp5,4 triliun (83,23 persen),” kata Kepala Bapenda Kaltim Ismiati dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Kamis (15/9/2022).

1. Kontribusi dalam pendapatan daerah

Ismiati menambahkan, paling berkontribusi dalam pendapatan daerah adalah pajak daerah yang ditargetkan Rp5,4 triliun dan sudah tercapai Rp4,7 triliun, dan hanya memerlukan Rp715 miliar, jadi sudah 86,86 persen.

“Kalau kita lihat tren penerimaan pendapatan daerah dari sisi pajak kendaraan bermotor (PKB), kemudian pajak bea balik nama kendaraan bermotor (PBBNKB) yang tinggi, karena ada program relaksasi PKB, pemutihan pajak yang diberikan Gubernur Kaltim Isran Noor kepada masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga: Samarinda Alokasi Rp16,5 Miliar untuk Warga Terdampak Naiknya BBM

2. Kontribusi adalah pajak bahan bakar kendaraan bermotor

Bapenda Kaltim Optimis Capai Target Pendapatan Daerah Rp10,8 TriliunFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Selain itu, lanjut Ismiati, ikut berkontribusi adalah pajak bahan bakar kendaraan bermotor, di mana tren harga minyak mentah dunia juga meningkat, sehingga penerimaan pajak bahan bakar realisasinya sudah mencapai 94,87 persen.

“Jadi kita optimislah, kalau sisi pendapatan daerah, bahkan bisa surplus kalau memang ada peningkatan signifikan sehubungan dengan kenaikan harga minyak mentah dunia,” ujar Ismiati.

3. Terus berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah

Bapenda Kaltim Optimis Capai Target Pendapatan Daerah Rp10,8 TriliunIlustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Dikatakan, dalam upaya pencapaian target penerimaan pendapatan daerah terus berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan terus melakukan terobosan dan inovasi untuk mempermudah pembayaran pajak, khususnya pajak kendaraan bermotor.

"Selain kita juga terus menyosialisasikan relaksasi kepada masyarakat untuk dapat membayar pajaknya dengan peningkatan sarana dan pelayanan yang lebih mendekatkan kepada masyarakat, di daerah-daerah terpencil sampai daerah perbatasan,” tandas Ismiati. 

Baca Juga: Samarinda Alokasi Rp16,5 Miliar untuk Warga Terdampak Naiknya BBM

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya