Berkacamata Hitam, Isran Noor Mendaftar Pilgub Kaltim 2024

Isran Noor didampingi Hadi Mulyadi ke KPU Kaltim

Samarinda, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) telah menerima berkas pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur, Isran Noor dan Hadi Mulyadi.

"Penerimaan berkas ini dilakukan sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024. Dari hasil pemeriksaan, berkas bakal pasangan calon (bapaslon) Isran-Hadi dinyatakan lengkap," ujar Ketua KPU Kaltim Fahmi Idris dilaporkan Antara di Samarinda, Rabu (28/8/2024).

1. Tiga hari batas waktu pendaftaran

Berkacamata Hitam, Isran Noor Mendaftar Pilgub Kaltim 2024Bakal calon Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (kedua kanan) melambaikan tangannya kepada pendukungnya saat akan mendaftarkan diri sebagai peserta Pilgub 2024 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur, di Samarinda, Rabu (28/8/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.

Fahmi menjelaskan bahwa jadwal pendaftaran berlangsung selama tiga hari, mulai 27 hingga 29 Agustus. Pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA, dengan batas waktu terakhir pada pukul 23.59 WITA di hari terakhir.

Dia berharap agar seluruh pasangan calon yang memenuhi syarat segera mendaftar. "Hari ini sudah ada yang mendaftar, yaitu pasangan Isran-Hadi. Kami berharap besok juga akan ada yang mendaftar," katanya, menekankan pentingnya menghindari kotak kosong pada Pilgub Kaltim.

Setelah berkas dinyatakan lengkap, pasangan calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Abdoel Wahab Sjahranie Samarinda pada pukul 07.00 WITA. Fahmi juga mengimbau agar pasangan calon berpuasa mulai pukul 22.00 WITA malam sebelumnya. Proses penelitian dan verifikasi ijazah atau dokumen yang diserahkan akan dilakukan pada 29 Agustus hingga 4 September, dengan tahapan perbaikan pada 6-8 September.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Sarung Tenun Samarinda, Warnanya Ceria

2. Penetapan pasangan calon akan dilakukan 22 September 2024

Berkacamata Hitam, Isran Noor Mendaftar Pilgub Kaltim 2024Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Timur Fahmi Idris (kanan) memberikan boneka maskot kepada bakal calon Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (tengah) didampingi bakal calon Wakil Gubernur Hadi Mulyadi (kiri) saat mendaftarkan diri sebagai peserta Pilgub 2024 di KPU Provinsi Kalimantan Timur, di Samarinda, Rabu (28/8/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.

Penetapan pasangan calon akan dilakukan pada 22 September 2024, diikuti dengan pengundian nomor urut pada 23 September. Masa kampanye akan dimulai pada 25 September dan berlangsung selama 58 hari.

Perwakilan Tim Pemenangan Isran-Hadi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ananda Emira Moeis, mengungkapkan bahwa Isran Noor dikenal sebagai sosok yang cepat tanggap, lugas, dan tegas. Ia juga menilai Isran Noor dan Hadi Mulyadi, selama menjabat sebagai petahana, berhasil meningkatkan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) secara signifikan, mencatat nilai fiskal terbesar dalam sejarah Kaltim.

"Terkait pendaftaran Pilgub, kami melihat prosesnya berjalan lancar dan meriah. Kami sangat senang dengan antusiasme masyarakat dan berharap Pilkada akan berlangsung aman dan damai," ujar Ananda.

3. Isran Noor optimis menang pilgub Kaltim

Berkacamata Hitam, Isran Noor Mendaftar Pilgub Kaltim 2024Bakal calon Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor (kanan) didampingi bakal calon Wakil Gubernur Hadi Mulyadi (kiri) menyampaikan sambutan saat mendaftarkan diri sebagai peserta Pilgub 2024 di KPU Provinsi Kalimantan Timur, di Samarinda, Rabu (28/8/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.

Isran Noor sendiri menyampaikan keyakinannya bahwa pasangan Isran-Hadi akan menang dalam Pilgub 2024.

"Kami didukung oleh enam partai, yaitu PDIP, Demokrat, Gelora, Partai Hanura, Ummat, dan Perindo. Dengan kerja keras tim pemenangan, kami berkomitmen menjadikan Kaltim lebih baik," tegas Isran.

Ia menambahkan bahwa visi dan misi pasangan Isran-Hadi adalah melanjutkan program kerja dari periode sebelumnya, dengan beberapa penyesuaian kecil. Penuntasan visi dan misi yang belum selesai menjadi tanggung jawab mereka.

"Terkait strategi pemenangan, itu merupakan rahasia internal tim," tutup Isran.

Baca Juga: PKS Mengusung Andi Harun-Saefuddin Zuhry dalam Pilkada Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya