BMKG Mendeteksi Delapan Titik Panas di Kaltim 

Pihak terkait diharap melakukan pemadaman

Samarinda, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya delapan titik panas di Provinsi Kalimantan Timur, sehingga pihak terkait diharap melakukan penanganan untuk memadamkan.

"Sebanyak delapan titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 hingga pukul 16.00 Wita," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Diyan Novrida diberitakan Antara, Jumat (13/1/2023). 

1. Titik panas disampaikan kepada instansi terkait

BMKG Mendeteksi Delapan Titik Panas di Kaltim Ilustrasi kebakaran hutan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Sebaran delapan titik panas itu telah disampaikan kepada instansi terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten masing-masing agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Sebenarnya, lanjut Diyan, saat ini masih masuk musim hujan, namun tidak harus terjadi hujan setiap hari, ada beberapa kawasan di Kaltim yang dalam beberapa hari terjadi panas, sehingga diharapkan semua pihak sama-sama menjaga agar tidak terjadi kebakaran.

"Potensi kebakaran lahan dan hutan selalu ada akibat cuaca panas karena adanya daun, ranting, dan lainnya yang kering, maka diimbau masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan, termasuk tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan, untuk mencegah kebakaran," katanya.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Pemulung di Gunung Sampah Samarinda Berhasil Dibekuk

2. BMKG Stasiun Balikpapan mendeteksi empat titik panas

BMKG Mendeteksi Delapan Titik Panas di Kaltim Ruang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Ia melanjutkan, sehari sebelumnya (Kamis), BMKG Stasiun Balikpapan juga mendeteksi empat titik panas yang tersebar pada dua kabupaten, namun titik panas tersebut padam setelah dilakukan penanganan pihak terkait.

Sedangkan delapan titik panas yang terpantau hari ini berada di titik koordinat berbeda dengan hari sebelumnya, meskipun ada juga yang masih dalam satu kabupaten maupun kecamatan yang sama.

Sebanyak delapan titik panas yang terpantau hari ini tersebar pada tiga kabupaten, yakni Kabupaten Kutai Barat ada satu titik panas, Kabupaten Kutai Kartanegara empat titik, dan Kabupaten Kutai Timur ada tiga titik panas.

3. Rincian titik panas ada di Kaltim

BMKG Mendeteksi Delapan Titik Panas di Kaltim Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Rinciannya adalah di Kutai Barat yang terdeteksi satu titik, berada di Kecamatan Jempang dan memiliki tingkat kepercayaan menengah, yakni pada koordinat 0.0116 bujur - -0.0001 lintang.

Kabupaten Kutai Kartanegara yang terdapat tiga titik panas, tersebar pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Kembang Janggut dan Muara Kaman yang masing-masing ada dua titik, semuanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

"Kabupaten Kutai Timur yang terdeteksi tiga titik panas, tersebar pada tiga kecamatan, yakni Kabupaten, Kongbeng, dan Kecamatan Telen, ketiganya memiliki tingkat kepercayaan menengah," ujar Diyan.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Pemulung di Gunung Sampah Samarinda Berhasil Dibekuk

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya